BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ibu Negara Iriana Jokowi Kunjungi Pekan Deteksi Dini IVA TES di Klaten

Akibat tingginya prevalensi penyakit kanke/tumor di Indonesia cukup tinggi yaitu berdasarkan Riset? Kesehatan Dasar (Riskesdes) Tahun 2013 prevalensi menunjukkan ?1,4 pert 1000 penduduk atau 347.000 orang. Adapun? kanker tertinggi ada pada perempuan ?yaitu kanker payudara dan kanker leher rahim.

Berkaitan dengan itu bertepatan dengan? memperingati hari Guru se Indonesia ke 71 Ibu Negara Iriana Jokowi? yang didampingi ?Organisasi? Aksi Solidaritas? Era Kabinet Kerja (OASE-KK) melakukan? kunjungan kerja ke Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah yang disambut Atika Ganjar Pranowo ?Istri Gubernur Jateng dan Atika Paku Alam istri? Wakil Gubernur DIY Paku Alam X di alun-alun Klaten Jawa Tengah tadi pagi (Kamis,24/11).

Kunjungan kerja dalam rangka Gerakan Nasional Pekan deteksi Dini IVA TEST dan SADANIS bagi ibu Guru se Indonesia untuk Provinsi Jawa Tengah dan DIY dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Klaten merupakan tindak lanjut? dari Pencanangan? Peningkatan Peran Serta Masyarakat? dalam Pencegahan? dan Deteksi? Dini Kanker pada perempuan oleh Ibu Negara tanggal 21 April 2015 di Kabupaten Kulonprogo.

Menurut Ketua Panitia penyelenggara rangka Gerakan Nasional Pekan deteksi Dini IVA TEST dan SADANIS bagi ibu Guru se Indonesia? Hj.Erni Cahyo Kumolo hal yang sama dilaksanakan secara serentak bersama-sama ?di 10 Provinsi di Indonesia ?yaitu di Kota Banda ?Aceh, Palembang , Bandar Lampung, Bandung, Klaten, Surabaya, Palangkaraya, Balikpapan, Makasar, Ambon, dengan target masing-masing 200? Guru di tiap-tiap kota dan Puncaknya di kabupaten Klaten ini.

Ditambahkan Erni ?Cahyo Kumolo bahwa cakupan? deteksi dini IVA TEST dan SADANIS di Indonesia sampai dengan akhir tahun 2016 adalah 1.480.468 orang atau sekitar 4 %? dan berbagai cara pun dilakukan untuk meningkatkan pelayanan ini.

Ibu Negara Iriana Jokowi mengharapkan dengan adanya Gerakan Nasional Pekan deteksi Dini IVA TEST dan SADANIS bagi ibu Guru se Indonesia dapat memotivasi guru-guru yang lain? atau secara gethok tular dengan ibu guru-ibu guru yang lain untuk segera melakukan IVA TEST ini. Apabila? guru-gurunya terjaga kesehatannya maka selaian memberikan pelajaran kepada anak-anak juga dengan baik juga? akan meningkatkan kualitas pendidikan terhadap anak didik.

Sementara itu BRAY Atika Paku Alam? di sela-sela peninjauan Gerakan Nasional Pekan deteksi Dini IVA TEST dan SADANIS di alun-alun? Klaten menghimbau dan mengajak pada perempuan? dan Ibu ?ibu guru di Daerah Istimewa Yogyakartra juga melaksanakan Deteksi Dini IVA TEST? karena untuk menjaga kesehatan fisik? ibu-ibu guru, karena dengan guru-gurunya sehat bisa memberikan pelajaran kepada anak didik? kesehatan dan lebih baik lagi.? Dengan? Ibu guru sehat dapat memberikan pelajaran pelajaran lebih baik lagi ?tandasnya.

Ibu Negara Iriana Jokowi seusai menyapa dan berdialog dengan beberapa ibu guru dari Klaten dan DIY selanjutnya meninjau pelaksanaan Deteksi Dini IVA TEST di ruangan tenda seputar alun-alun Klaten yang didamping Ibu Atika Ganjar Pranowo dan Istri-istri Kabinaet Kerja dan? rencananya akan dilanjutkan dengan? berkunjung ke sentra kerajinan UKM di Kabupaten Klaten, Prov.Jawa Tengah.(krn)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY