BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Layanan Restorasi Arsip di Sasono Hinggil Dwi Abad
Total kunjungan: 236

Layanan Restorasi Arsip di Sasono Hinggil Dwi Abad

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Yogyakarta memiliki pengalaman lebih dalam pemilu dan berdemokrasi. Dan Pemilu Lokal tahun 1951 yang diprakarsai oleh Sultan HB IX telah nyata menjadi guru sekaligus tonggak demokrasi di Indonesia.  Pemilu pertama di Indonesia dilaksanakan pada tahun 1955, dan menjadi hajatan rutin setiap 5 (lima) tahun sekali. Fenomena Pemilu tentunya menjadi menarik untuk disimak, karena sifat keunikannya dan warna-warni pesta demokrasi yang melibatkan seluruh warga negara Indonesia, khususnya mereka yang telah memiliki hak pilih. Hal yang demikian disampaikan Sekretaris Daerah DIY, Ir Gatot Saptadi, MT pada Pembukaan Pameran Arsip, Kamis (18/07) di Gedung Sasana Hinggil Dwi Abad, Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Menurutnya Pameran Arsip yang diselenggarakan tersebut dapat menjadi cakrawala dan wawasan akan pelaksanaan Pemilu di Yogyakarta. Selain sebagai fungsi edukasi sejarah, menurut Sekda DIY penyelenggaraan pameran tersebut juga dibalut oleh adiluhungnya budaya Yogyakarta, karena diselenggarakan di sasono Hinggil Dwi Abad, sebuah bangunan penting yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Dra. Monica Nur Lasiyanti, MM melaporkan bahwa tujuan kegiatan pameran yang mengikut sertakan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se DIY dan Bawaslu DIY  ini adalah untuk memperkenalkan dunia kearsipan pada dunia luas akan pentingnya arsip. Dengan adanya pameran kearsipan secara bekelanjutan dan terencana  diharapkan apresiasi masyarakat terhadap arsip semakin meningkat pula.

Adapun materi yang dipamerkan berupa arsip tekstual sebanyak 85 lembar, foto 257 obyek serta audio sebanyak 10 keping audio video visual yang berkaitan dengan demokrasi dan Pemilihan Umum di Yogyakarta. Pameran yang bertemakan Daulat Rakyat Yogyakarta, Cermin Demokrasi Indonesia melalui Pemilu diselenggarakan mulai tanggal 18 hingga 24 Juli 2019 mulai pukul 10.00 – 22.00, menampilkan arsip foto, tekstual dan audio visual serta menyediakan layanan perbaikan (restorasi) arsip perseorangan dengan kategori rusak ringan (sobek dan berlubang) secara gratis. (teb)

HUMAS

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User