BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita KUNJUNGAN KERJA BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PROVINSI JAWA BARAT
Total kunjungan: 167

KUNJUNGAN KERJA BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PROVINSI JAWA BARAT

Penilaian Pengunjung: / 1
KurangTerbaik 

Yogyakarta (26/07/2019) – Biro Umum Humas dan Protokol berikan paparan terkait penyediaan naskah pimpinan, Sistem Administrasi Perkantoran Daerah, pola pembuatan sambutan, dan pengawalan kepada pimpinan (Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda) yang disampaikan kepada Biro Humas dan Protokol Jawa Barat dalam kunjungan kerjanya yang telah dilaksanakan pada Jum’at (26/07) pagi di Gedung Indische, kompleks Kepatihan.

Kepala Sub Bagian Ketatausahaan Pimpinan Biro Humas dan Protokol Jawa Barat, Ghani Hakim Ramdhani, S. STP, menuturkan perihal ingin tahunya terkait penyediaan naskah pimpinan, tata cara surat menyurat antara masyarakat kepada pemimpin, lalu pola dalam pembuatan sambutan dan terakhir pengawalan khusus terhadap pemimpin. Ghani juga menyampaikan bahwa ingin mengetahui mekanisme Pemda DIY dalam membuat konten naskah sambutan baik untuk Pak Gubernur maupun Wakil Gubernur.

Di dalam pembuatan pidato Gubernur, terdapat unsur filosofi yang memberikan makna paling tidak satu kalimat dalam pidatonya. Anang Fitrianto Sapto Nugroho, S.Sos selaku Kepala Sub Bagian Penyiapan Bahan Informasi Kebijakan Bagian Humas menyampaikan bahwa pidato Gubernur bisa mencapai 12 halaman kertas kuarto. “Gubernur juga mengkombinasi, membungkus antara filosofi dan hasil riset modern” tutur Anang

“Untuk konten sendiri yang sedang dikembangkan adalah menuangkan filosofi budaya dalam naskah sambutan. Jogja ini istimewa dengan budayanya jadi saya memodifikasikannya dengan pribahasa kuno maupun pribahasa lama yang sudah tidak dipakai namun tetap memilih yang sifatnya untuk universal.” Lanjutnya

Selain itu perwakilan Biro Umum Humas dan Protokol Pemda DIY juga menjelaskan tentang website Sistem Administrasi Perkantoran Daerah (SISMINKADA) beserta dengan cara kerjanya dan konten yang ada didalamnya yang sangat membantu untuk kelancaran terutama berkaitan dengan pelayanan surat menyurat, disposisi pimpinan dan sebagainya. Kepala sub bagian Upacara Bagian Protokol Sugiyanta, SIP. menambahkan tentang mekanisme pengawalan Gubernur yang tergantung pada jenis dan urgensi acara. Untuk acara/kunker di tingkat kabupaten Gubernur berkenan mendapatkan pengawalan khusus. (Rk/Lt)

 

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User