BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita PELAYANAN TERPADU KTP ELEKTRONIK DEMI INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
Total kunjungan: 35

PELAYANAN TERPADU KTP ELEKTRONIK DEMI INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Yogyakarta (22/10/2019) - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan mensukseskan gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan, Pemerintah Daerah DIY dalam hal ini Biro Tata Pemerintahan Setda DIY bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DIY, menyelenggarakan Pelayanan Terpadu Perekaman dan Pencetakan KTP-Elektronik, mulai tanggal 22 sampai dengan 23 Oktober 2019, bertempat di Bangsal Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, H. Sisruwadi, SH. M.Kn., mengatakan, kesadaran masyarakat yang cukup tinggi akan administrasi kependudukan, membuat pihaknya perlu merespon kebutuhan masyarakat dengan layanan administrasi yang cepat dan baik. Namun karena ketersediaan blangko KTP Elektonik yang terbatas, pelayanan kali ini lebih diprioritaskan bagi pemohon KTP Elektronik pemula (usia 17 tahun), dibandingkan dengan masyarakat yang memiliki keluhan rusak, hilang ataupun perpindahan data.

“Memiliki dokumen kependudukan adalah suatu hal yang penting. Apabila tidak memilikinya, maka yang bersangkutan tidak bisa mengakses pelayanan publik apapun itu, termasuk tidak dapat mengakses program-program pemerintah,” jelas Sisruwadi.

Ditambahkan Sisruwadi, pelayanan terpadu dalam satu periode dilaksanakan dua sampai tiga kali dalam satu tahun, dan kurang lebih 2000 keping blangko disediakan Pemerintah Daerah DIY untuk kegiatan pelayanan terpadu ini. Selain dibantu dengan Dinas Dukcapil Kota dan Kabupaten, proses pelayanan terpadu dapat menerima pelayanan masyarakat yang berasal dari luar domisili dengan catatan memiliki surat keterangan dari daerah aslinya serta masih adanya ketersediaan blangko.

Selain itu, Sari Oktaviana, salah satu masyarakat yang berasal dari Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta mengungkapkan bahwa ia berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan ini dikarenakan perpindahan data. “Kegiatan ini sudah cukup efisien, selama dokumen yang dibawa cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Walaupun masih adanya beberapa informasi yang dirasa masih kurang menyeluruh sehingga membuat beberapa miss-komunikasi” ungkapnya.

Sari menambahkan, dengan adanya pelayanan terpadu KTP Eletronik massal selanjutnya, diharapkan nantinya informasi yang diberikan lebih aktif dan menyeluruh lagi, selain itu prosedur dan tata cara dimohon untuk lebih dijabarkan sehingga tidak adanya simpang siur antara Dukcapil dan juga pemerintah daerah setempat. (ss)

 

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Bantuan Teknis

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User