BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Rapat Pleno I Peringatan Hari Nusantara DIY Tahun 2019
Total kunjungan: 70

Rapat Pleno I Peringatan Hari Nusantara DIY Tahun 2019

Penilaian Pengunjung: / 1
KurangTerbaik 

Rapat Pleno I Peringatan Hari Nusantara Tahun 2019 Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan di Ruang Wisanggeni Unit VIII Lt.3 Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bagian Protokol RM Tejo Purnomo, S.H., didampingi Komandan Denpomal Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Mayor Laut (PM) Sambudi dan Perwakilan Dinas Kelautan Ir. Endang Supraptiningsih pada Kamis (21/11) pagi.

Hari Nusantara sendiri merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia. Sayangnya, potensi sumberdaya kelautan Indonesia sebesar kurang lebih 3000 triliun rupiah/tahun belum tergarap secara maksimal. Laut belum dilihat sebagai sumber pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, dan pemecah masalah kemiskinan.

Upacara kegiatan peringatan Hari Nusantara Tingkat DIY akan diselenggarakan pada Jumat, 13 Desember 2019 bertempat di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Peringatan ini guna meningkatkan pemahaman nilai-nilai kemaritiman, pemanfaatan, kelestarian dan perlindungan serta pengelolaan wilayah laut dan lingkungannya.

Tejo menyampaikan bahwa peringatan Hari Nusantara di DIY tahun 2019, sementara akan disesuaikan dengan rangkaian yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya seperti pembacaan Deklarasi Juanda dan Pembacaan UUD 1945, dan masih menunggu susunan informasi dari Lanal secara pasti.  Selain itu, untuk tema peringatan dalam tahun ini masih dalam tahap konfirmasi dari Pemerintah Pusat. “Harapannya nanti upacara peringatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar”, ungkap Tejo.

Rapat ini dihadiri sebanyak 57 perwakilan OPD Pemda DIY dan perwakilan anggota Forkopimda DIY dilanjutkan dengan sesi diskusi mengenai penjabaran susunan kepanitiaan peringatan Hari Nusantara di DIY. Pembina panitia oleh Gubernur DIY, Ketua DPRD DIY, Gubernur AAU Yogyakarta, Kepala Kepolisian Daerah DIY, dan  jajaran Forkopimda DIY.

Kelanjutan rapat pleno Peringatan Hari Nusantara untuk membahas seksi upacara akan dilanjutkan pada hari Kamis, 28 November 2019 pukul 09.00 pagi di Ruang Wisanggeni Unit VIII Lt.3 Kompleks Kepatihan Yogyakarta. (ss)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Bantuan Teknis

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User