BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Kunjungan Humas Kemenpan RB di Biro UHP
Total kunjungan: 73

Kunjungan Humas Kemenpan RB di Biro UHP

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Yogyakarta (05/12/ 2019) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY, pada Kamis (05/12) pagi. Pada kunjungan kali ini, rombongan diterima oleh Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, MT., bersama dengan Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji, S.H., M.Ec.Dev dan Kepala Sub Bagian Publikasi, Dokumentasi, dan Media Massa, Wahyu Riawanti.

Rombongan Kemenpan RB dipimpin oleh Kepala Bagian Komunikasi Publik, Elfansuri, SIP., MA., Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga, Ahmad Antonia, S.E. beserta staf humas lainnya. Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah melakukan pembahasan mengenai pengelolaan publikasi dan pemberitaan di DIY, meliputi tupoksi, kebijakan strategis (RPJMD) Humas, Program, dan kegiatan.

 

Dalam pengantarnya, Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, MT., menyampaikan informasi mengenai tupoksi dari Kehumasan Setda DIY dan pentingnya engagement serta partisipasi masyarakat sebagai indikator keberhasilan pengelolaan media sosial. “Di Biro sendiri, tugasnya adalah untuk fungsi pendukung perumusan kebijakan strategis tentang kehumasan, sementara kemudian dijabarkan dalam ketugasan dari bagian humas yaitu menyelenggarakan kehumasan pemda.” terang Imam.

Imam menjelaskan bahwa secara umum ketugasan dari Humas Pemda DIY untuk menyebarkan informasi kaitannya dengan kebijakan maupun kegiatan pemerintah daerah. “Di era sekarang ini memang kalau dilihat dari tupoksinya maka indikator yang kemudian menjadi tolak ukur kesuksesan dari humas itu adalah jumlah pengakses informasi ke website dan platform medsos.” tambah Imam. Lebih lanjut, Imam membahas mengenai penilaian terhadap keberhasilan pengelolaan media sosial sudah berubah. Indikator penilaian keberhasilan media sosial kini telah memberikan perhatian lebih pada engagement dan partisipasi dari masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, pihak Kemenpan RB yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga, Ahmad Antonia, S.E. turut berbagi dan membahas mengenai informasi yang berkaitan dengan kehumasan. Seperti hal yang disampaikan Anton mengenai kesan dahulu humas, dari sekedar teknis hingga kini menjadi substansi.

“Beberapa tahun yang lalu publik masih menganggap humas sekadar urusan teknis. Apalagi sekitar enam tahun lalu kebanyakan orang menganggap urusan Humas tidak substantif. Tapi sekarang justru humas tidak hanya urusan teknis, tetapi lebih tajam dari substansi. Apalagi zaman sekarang kan jaman medsos, aplikasi, segala macam , Jadi saya kira, dari selama ini saya enam tahun, enam tahun kesini itu sudah banyak perubahan humas ini dibandingkan enam tahun kebawah.”

Anton menuturkan bahwa humas juga memiliki resiko tinggi dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu humas harus menjaga kehati-hatiannya dalam bertindak. Sehingga, dalam hal ini humas perlu memberikan perhatian dalam menyikapi sensitivitas berita dan keluhan media karena koordinasi yang multi-layer. Selain itu, Anton beserta Kepala Bagian Komunikasi Publik, Elfansuri, SIP., MA turut menambahkan terkait koordinasi pemberitaan untuk konsumsi publik dari Kemenpar RB. Anton mengatakan bahwa pihaknya harus gerak cepat dalam memproduksi suatu pemberitaan. Elfan juga memaparkan bahwa untuk proses editing terkait pemberitaan hasil peliputan, akan dilakukan langsung oleh Kasubbag terkait kemudian dicek kembali oleh tim, Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Kepala Biro.

Sebagai penutup kegiatan kunjungan tersebut, Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji, S.H., turut menyampaikan mengenai harapan untuk bisa saling bekerja sama di masa mendatang bersama Kemenpan RB.

(Han)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Bantuan Teknis

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User