BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Jumpa Pers Penyerahan SAKIP Award bagi Pemda DIY
Total kunjungan: 129

Jumpa Pers Penyerahan SAKIP Award bagi Pemda DIY

Penilaian Pengunjung: / 0
KurangTerbaik 

Yogyakarta (21/02/20) Biro umum. jogjaprov.go.id – DIY akan menjadi tuan rumah bagi Penyelenggaraan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah III oleh Kementerian PAN & RB. Menyambut hajatan tersebut, Pemda DIY mengadakan Konferensi Pers dengan narasumber  Kepala Biro UHP, Drs. Imam Pratanadi, M.T., dan  Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo, SH. MM. Acara tersebut berlangsung di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan DIY pada Jumat (21/02).

Budi mengungkapkan, paradigma penyelenggaraan pemerintahan bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarakan, tetapi melaksanakannya dengan efektif dan efisien untuk mencapai sasaran. Perolehan AA tahun lalu salah satu yang dipicu dari pelaksanakan rasionalisasi yang luar biasa dengan memangkas sekian ribu kegiatan menjadi 1600, dan bahkan sekarang di bawah 1000 dengan tujuan ingin mencapai sasaran yang lebih nyata.

Jumlah program yang dijalankan di lingkungan OPD DIY hanya 915 kegiatan pada 329 program. Pengurangan itu bukan berarti anggarannya juga berkurang, tetapi perencanaan anggaran lebih diarahkan pada prioritas program yang paling dibutuhkan sehingga hasilnya lebih maksimal,” ujar Budi.

Budi berharap agar masing-masing OPD dapat berinovasi membuat lompatan baru dan mengubah mindsetnya yang sekarang sudah bagus menjadi lebih bagus lagi, dengan orientasi money follow program, program follow resut, yaitu uang yang dikeluarkan sesuai program, dan program itu harus menghasilkan dan bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Mendapatkan nilai AA atau setara angka 90,28 tentunya semua OPD sudah bergerak lebih baik, tetapi di lain sisi kita harus paham betul bahwa masih banyak persoalan-persoalan di depan yang harus kita selesaikan, misalnya angka kemiskinan, ketimpangan wilayah, yang merupakan tantangan yang harus diselesaikan ke depan,” lanjut Budi.

Selanjutnya dijelaskan oleh Imam  bahwa sebelumnya, DIY telah mendapat kan penghargaan SAKIP dengan nilai A pertama kali di Indonesia yang diraih di tahun 2014 dan bertahan hingga tahun 2017, lalu di tahun 2018 mendapatkan nilai AA yang juga pertama kali di Indonesia. Dengan hal itu, Imam dan Budi berharap bahwa di tahun 2019 DIY bisa kembali mendapatkan nilai AA dengan nilai di atas 90,28 (nilai yang diraih pada tahun 2018). SAKIP 2019 akan diselenggarakan pada Senin (24/02) dan penghargaan akan diberikan langsung oleh Men PAN & RB di Hotel Tentrem, Yogyakarta, diikuti 12 provinsi di wilayah III Indonesia. (Ln)

 

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User