BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home

Pengembangan dan Optimalisasi Sistem Aplikasi Pelayanan Biro UHP

Yogyakarta (13/10/2020) biroumum.jogjaprov.go.id- Biro Umum Humas Protokol Setda DIY mendapatkan kunjungan dari Biro Umum Sekertariat Jendral Komnas HAM RI, di Ruang Rapat Biro Umum, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Senin (12/10) siang. Henry Silkalnnah selaku kepala Biro Umum Komnas HAM RI berserta Sekjen Komnas HAM Dr. Tasdiyanto Rohadi dan Rombongan diterima kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, MT yang didampingi oleh kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik , Munsif Sahirul Alim S.SI.,M.Si.,M.Eng.

Maksud dari kunjungan ini adalah study replikasi dan sharing informasi tentang Sistem Administrasi Perkantoran Derah (SISMINKADA) Pemda DIY, untuk pengembangan dan penambahan beberapa fitur aplikasi Sistem Aplikasi Pelayanan Prima (SiAAP), dalam pengelolaan data dan arsip-arsip. ?kami perlu belajar bagaimana Pemprov DIY dalam tata kelola internal khususnya kearsipan dan kerumah tanggaan, apalagi dengan perkembangan jaman IT digital ini. Meskipun Komnas HAM telah berdiri 27 tahun, namun masih banyak hal yang perlu kami kerjakan,? ujar Henry.


Dalam Sharing diskusi, Munsif menjelaskan bahwa SISMINKADA telah digunakan pemda DIY sejak 2005 untuk mengelola kearsipan atau kerumah tanggaan, mulai dari surat-surat, jadwal rapat, data-data. SISMINKADA tidak hanya digunakan oleh pemda saja namun juga sekolah-sekolah.


Diskusi ini berlangsung dengan sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh Komnas HAM RI tentang kelebihan dan kekurangan SISMINKADA ini. Imam Pratanadi mengatakan bahwa SISMINKADA ini masih ingin disempurnakan lagi seperti tambahan pengelolaan kendaraan dinas agar penggunaanya dapat melacak data penggunaan kendaraan dan jadwal servis kendaraan. Serta akan terdapat tambahan tulisan aksara jawa dalam penulisan surat.

?