BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Total kunjungan: 200

Peringatan Isra Mi'raj di Kepatihan

Yogyakarta (19/03/2021) Dari peristiwa Isra Mi’raj dapat dipetik pelajaran dan keteladanan Rasul dalam mengarungi kehidupan dan menghadapi ujian. Demikian ajakan Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya yang disamapikan oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan  dan Politik, Maladi, SH, MH pada peringatan Isra Mij’raj secara daring maupun Luring di Gedung Paracimasana, Kepatihan Yogyakarta, Jum’at (19/03).

Gubernur DIY juga ingin mengajak seluruh umat Islam untuk mengilhami konsep moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama. Dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berdasarkan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.n

Menurutnya, moderasi beragama adalah tanggung jawab kita bersama. Kita perlu bekerja sama baik antara pemerintah, organisasi keagamaan dan seluruh lapisan masyarakat. Toleransi menjadi sesuatu yang harus kita jaga agar intoleransi dan ekstremisme tidak berkembang dan merusak kepribadian bangsa. Saya berharap agar moderasi beragama ini mampu menjadi perekat dan semangat beragama.

Sementara Itu KH. Henry Sutopo dalam tausinyahnya menyampaiakan bahwa,  perjalanan Isra Mi’jraj Rasulullah SAW. adalah perjlanan suci yg start berangkat dari Masjid dan transit di masjid menuju Shidratal Muntaha yang out putnya adalah perintah untuk melakukan  sholat lima waktu. Bila diambil spirit dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah banyaklah berdoa dimana masjid merupakan tempat untuk bersujud. Karena bersujud merupakan posisi yg paling dekat antara hambanya dengan Allah.

Dalam Kesempatan tersebut Henry juga berpesan bahwa kunci hati adalah tidak sering menyalahkan, jangan mencela sesuatu yang sudah terjadi terjadi. “Marilah lockdown berhenti dari perbuatan yang  Allah SWT. tidak ridho”, tandasnya.

Yang menjadi titik point  adalah betapapun beratnya kita ddalam kesusahan, namun kita tetap positif thinking dan optimis dalam moderasi beragama. Selain itu, tidak perlu menyalahkan orang lain serta berhenti dari perbuatan yang tidak diridhoi Allah.

Bertindak sebagai moderator Peringatan Isra Mi’raj Pemda DIY Tahun 2021 adalah Dr. Ahmad Gozali, MA dengan mengusung tema : “Spirit Isra Mi’raj Dalam Membangun Moderasi Agama” . Pengajian dapat diikuti secara daring maupun luring melalui JITV.jogjaprov.go.id dan kanal Youtube JITV.(teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User