BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Pemda DIY Sampaikan Rencana Penetapan Geoheritage DIY 2021

Pemda DIY Sampaikan Rencana Penetapan Geoheritage DIY 2021

?

Yogyakarta (21/04/2021) biroumum.jogjaprov.go.id ? Pemda DIY melalui Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY menggelar press conference dalam rangka penyampaian rencana penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) DIY yang akan diadakan pada hari Kamis, 22 April 2021.

Keputusan penetapan Warisan Geologi yang tersebar di 20 wilayah administrasi DIY ini rencananya akan diserahkan oleh Menteri ESDM RI secara luring maupun daring yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Jogja Istimewa TV dan Humas Jogja.

Press conference yang diselenggarakan di Gedung Wisanggeni Rabu (21/04) ini dihadiri oleh Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono, Kepala Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan (PIWP2) Setda DIY Bambang Widhyo Sadmo, dan Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida, serta rekan media massa.

Kepala Biro PIWP2 Bambang Widhyo Sadmo menyampaikan, proses penetapan Warisan Geologi DIY berjalan cukup lama sejak 2013 dan tidak mudah. ?Pemda DIY yang awalnya mengusulkan sebanyak 22 lokasi warisan geologi ke pemerintah pusat, setelah diverikasi terdapat 20 lokasi yang teridentifikasi sebagai Warisan Geologi,? ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang berharap pasca penyerahan penetapan Warisan Geologi DIY, seluruh pihak yang terlibat di dalamnya dapat terus berkomitmen untuk melestarikan dan mengembangkan potensi yang ada agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat nantinya.


Sementara itu, Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono menuturkan, Warisan Geologi yang akan ditetapkan ini dapat dikembangkan menjadi geowisata yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya. ?Mengingat kondisi geologinya yang indah tentu dapat menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung sekaligus belajar terkait sejarah,? pungkasnya.

Eko pun turut memberikan contoh, salah satu Warisan Geologi Gunungsewu Geopark, selain menjadi laboratorium alam kebumian, penelitian dan pendidikan juga dikembangkan menjadi geowisata yang memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat setempat. (nf)

HUMAS PEMDA DIY

?

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY