BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

2nd JOGJA VIOLIN FESTIVAL

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


2nd JOGJA VIOLIN FESTIVAL


Yogyakarta, 18 Agustus 2021


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Para Peserta Jogja Violin Festival yang kami banggakan,

Hadirin serta Tamu Undangan sekalian yang kami hormati.


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, kita semua dapat hadir pada acara 2nd Jogja Violin Festival dalam keadaan sehat wal?afiat. Mengingat saat ini kita masih dalam pandemi Covid-19, hendaknya kita selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama berlangsungnya acara.


Hadirin sekalian,


Lebih dari satu tahun paska dilaporkannya konfirmasi positif pertama kali di DIY, perkembangan kasus Covid-19 tidak juga kunjung mereda bahkan menunjukkan eskalasi yang semakin mengkhawatirkan dengan munculnya varian Delta Covid-19 yang lebih menular. Namun demikian, pandemi ini tidak menjadi alasan bagi kita untuk mengabaikan sektor pariwisata karena sektor pariwisata merupakan salah satu dari empat pilar utama pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Pandemi Covid-19 menimbulkan perlambatan yang signifikan secara multiplier effect kepada sektor yang terhubung langsung dengan pariwisata seperti perhotelan, industri kuliner, transportasi, destinasi wisata, bahkan sektor konsumsi rumah tangga. Namun demikian, saat ini pariwisata sudah mulai bergeliat kembali dengan kebijakan maupun tatanan new normal yang telah dipersiapkan dengan protokol khusus.


Saat ini kita perlu menghidupkan kembali pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya sebagai hiburan warga Yogyakarta dan juga program promosi pariwisata pada masa pandemi Covid-19. Adanya 2nd Jogja Violin Festival kali ini bisa menjadi salah satu upaya tersebut.


Alat musik biola ternyata memberikan catatan perjalanan sejarah bangsa Indoensia. Salah satunya adalah biola pencipta lagu Indonesia sang maestro WR. Supratman menjadi alat musik pengiring saat lagu Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan pada Kongres Pemuda kedua pada tahun 1928. Oleh karena itu, 2nd Jogja Violin Festival tentunya dapat menjadi pertunjukan hiburan dan budaya bagi masyarakat luas untuk mengenal sejarahnya. Melalui biola, sebuah karya musik dapat memilik banyak kekayaan makna yang dapat kita resapi dan kita nikmati.


Akhir kata, dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, 2nd Jogja Violin Festival secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua dalam menjadi bagian serta dapat memberikan kontribusi yang optimal demi kemajuan pariwisata Indonesia. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.


Yogyakarta, 18 Agustus 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X