BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PELANTIKAN PENGURUS MASYARAKAT EKONOMI SYARIAH (MES) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MASA BAKTI 2021-

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

?


Sambutan


PELANTIKAN PENGURUS

MASYARAKAT EKONOMI SYARIAH (MES) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MASA BAKTI 2021-2024


Yogyakarta, 19 Agustus 2021


----------------------------------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Yang saya hormati :

  • Ketua Umum dan para pengurus MES DIY
  • Para tamu undangan dan hadirin yang berbahagia


Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat bersilaturahim secara virtual dalam acara Pelantikan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) masa bakti 2021-2024 dalam keadaan sehat wal?afiat.


Hadirin yang Saya hormati,


Catatan Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa pada tahun 2020 sektor Pariwisata Ramah Muslim (PRM) terkontraksi sebesar 12,53%, yang dalam lima tahun terakhir merupakan pertama kalinya sektor ini mengalami pertumbuhan negatif. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi pengurus baru MES masa bakti 2021-2024 untuk menyusun strategi agar sektor ini dapat kembali tumbuh.


MES dapat berperan aktif dalam membantu masyarakat bertahan di masa pandemi. Misalnya dengan penyaluran bantuan langsung tunai yang berasal dari zakat, infak dan sedekah yang difokuskan pada orang yang terdampak Covid-19 melalui skema filantropi Ekonomi Islam ataupun bantuan modal untuk sektor UMKM.


Salah satu potensi besar dari dana sosial syariah adalah wakaf yang selama ini hanya dikenal sebagai masjid, musholla, madrasah dan makam. Menurut Badan Wakaf Indonesia, potensi uang wakaf di Indonesia mencapai Rp 180 triliun per tahun. Wakaf sebagai dana abadi umat diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan sosial yang lebih luas termasuk kegiatan pemberdayaan umat. Untuk itu, MES sebagai wadah berhimpunnya sumber daya ekonomi syariah dapat bersinergi dengan para stakeholder untuk mendorong percepatan implementasi program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.


Hadirin yang Saya hormati,


Sebelum mengakhiri sambutan ini, perkenankan saya mewakili Pemda DIY mengucapkan selamat kepada para pengurus MES yang dilantik. Semoga saudara-saudara dapat mengemban amanah, menjalankan tugas dengan tulus dan tanggung jawab.


Demikian yang dapat saya sampaikan. Selamat bekerja, semoga Allah SWT senantiasa meridai kita semua. Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Yogyakarta, 19 Agustus 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X