BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Total kunjungan: 231

NITIK SITEN PEMBANGUNAN MUSEUM GERAKAN PRAMUKA INDONESIA


Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

(Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka DIY)

 


Sambutan


NITIK SITEN PEMBANGUNAN MUSEUM GERAKAN PRAMUKA INDONESIA


Yogyakarta, 21 Agustus 2021


----------------------------------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sehat sejahtera bagi kita semua


Yang saya hormati :

  • Ketua dan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY;
  • Para kakak pembina Pramuka;
  • Seluruh anggota Pramuka dimanapun berada;
  • Hadirin sekalian yang berbahagia.



SALAM PRAMUKA!


Menilik beberapa tahun silam, Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menggagas peralihan nilai “kepanduan” menjadi “kepramukaan” melalui Renewing of Scouting. Gagasan ini menekankan pada keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam pembangunan masyarakat. Berbekal greget “Indonesia-Tangguh, Indonesia-Tumbuh”, para Praja Muda Karana adalah generasi tangguh bencana pandemi yang sudah teruji. Karena dibina oleh keadaan, ditempa oleh pengalaman dan disatukan oleh tujuan dalam Gerakan Pramuka.


Pramuka, berasal dari kata poromuko yang berarti prajurit terdepan dalam sebuah peperangan. Dan Pramuka, merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang berarti jiwa-jiwa muda yang berkarya. Gerakan Pramuka Indonesia sejak dulu merupakan alat perjuangan dan sekaligus agen perubahan. Di masa pandemi seperti saat ini, Pramuka memiliki peran penting untuk aktif membantu penanganan Covid-19. Semangat, daya juang, empati dan solidaritas yang tinggi yang Pramuka menjadi modal sosial untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat.


Jadikan tahun 2021 sebagai tahun bhakti Pramuka, dengan spirit Landheping Driya Pambuko Budhi, melalui segala daya upaya dan doa dalam mencegah perluasan pandemi dalam semangat Tyas Manembah Ambrasta Cintraka.


Hadirin yang saya hormati,


Hadirnya Museum Gerakan Pramuka Indonesia di Yogyakarta ini sebagai wujud apresiasi atas dedikasi Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Saya berharap keberadaan museum ini mampu menjadi pengingat dan pemicu semangat para Praja Muda Karana untuk meneladani beliau, baik sikap, perilaku dan dedikasinya untuk Gerakan Pramuka Indonesia pada khususnya.

Selain itu, melalui Museum Gerakan Pramuka ini diharapkan dapat memelihara dan menjaga sejarah kepramukaan, menguatkan karakter dan identitas masyarakat DIY, mewujudkan pemeliharaan nilai-nilai budaya, mengembangkan kebudayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran Pramuka sebagai agen perubahan perilaku, dapat menjadi teladan serta menyosialisasi penerapan protokol kesehatan. Pramuka sebagai generasi tangguh harus hadir secara nyata di tengah masyarakat untuk membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Oleh sebab itu, hidupkanlah jiwa Pramuka-Pengabdi sebagai sosok yang melayani, Pramuka-Akademisi yang inovatif, serta Pramuka-Peduli yang melindungi dan berbagi. Semoga keberkahan dan kebahagiaan berada di sekitar kita. Semogalah pula, semuanya: “Sehat-Sehat-Sehat” selalu.

Akhir kata, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar Gerakan Pramuka DIY selalu mampu menunaikan misi kemanusiaannya dan bergerak di jalan lurus-Nya, sehingga mampu mengaktualisasikan dharma-bhaktinya bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara di tengah pandemi Covid-19 dengan segala variannya ini.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

SALAM PRAMUKA!


Yogyakarta, 21 Agustus 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User