BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Total kunjungan: 15

PENERJUNAN KULIAH KERJA NYATA SEMESTER GASAL TAHUN 2022/2023 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yang saya hormati Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta beserta seluruh civitas akademiknya, terkhusus para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata yang saya banggakan.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.



Hadirin sekalian,

 

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 meniscayakan kehadiran BUMDes sebagai sentra pengembangan program ekonomi masyarakat dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan bertanggung jawab Sebagai lokomotif pembangunan ekonomi lokal yang berdasar pada kebutuhan, potensi dan kapasitas desa untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di desa, BUMDes diharapkan mampu menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian di pedesaan.

 

Untuk itu, pemberdayaan BUMDes perlu dilakukan dengan pendampingan, penguatan kelembagaan dan penguatan kemitraan usaha. Salah satunya diimplementasikan melalui penguatan jejaring pasar komunitas.

 

Besar harapan saya, program yang dilaksanakan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kemandirian masyarakat desa dalam pengelolaan BUMDes.

 

Perlu dipahami, bahwa KKN ini adalah bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapannya, dengan KKN peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan dapat meningkat secara dinamis. Sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan dan sinergis.

 

Tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa sebagai perwujudan nyata dalam pelaksanaan KKN, tentu saja terjadi proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing kepada masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan berhasil guna.

 

Saya berpesan, jagalah nama baik kampus, norma-norma agama, serta tidak keluar dari koridor aturan atau rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas. Harap diingat: Desa Mawa Cara, Negara Mawa Tata—dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung.

 

Demikian beberapa hal yang dapat Saya sampaikan pada kesempatan ini. Selamat melaksanakan KKN, semoga dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan sukses, sebagai perwujudan nyata pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 18 Januari 2023

 

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User