BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KUNJUNGAN KERJA SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang saya hormati,

?

  • Ketua dan Anggota Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia;

  • Kepala OPD dan institusi terkait di lingkungan Pemda DIY;

  • Hadirin serta Tamu Undangan sekalian.

?

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir, bertemu, dan bersilaturahmi dalam rangka Kunjungan Kerja Tim Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ke Daerah Istimewa Yogyakarta dalam keadaan sehat wal?afiat.



Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian,

?

Data menunjukkan, bahwa pada saat ini, dari keseluruhan air yang ada di bumi, 97 persennya merupakan air laut yang tidak bisa dikonsumsi dan hanya menyisakan 3 persen air tawar. Dari 3 persen tersebut, 2 persennya berupa air beku yang ada di Kutub Utara dan Selatan, dan sisa 1 persen-nya pun tidak semuanya bersih, sehingga hanya menyisakan? 0,62 persen yang layak dikonsumsi oleh sekitar 7,85 miliar penduduk planet ini.

?

Menyikapi kondisi tersebut, Pemda DIY telah mengoperasikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Yogyakarta, Sleman dan Bantul (Kartamantul). SPAM Regional Kartamantul, memiliki bangunan intake untuk menangkap atau menyadap air baku, bangunan clear well, dan bangunan instalasi pengolahan air. SPAM Regional Kartamantul direncanakan memiliki kapasitas 700 liter per detik dan dibagi menjadi dua tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik yang dibagi menjadi dua fase, yaitu fase 1 sebesar 200 liter/detik dan fase 2 sebesar 200 liter/detik.

?

Proses pembangunan SPAM Kartamantul Tahap I, dimulai sejak tahun 2014-2015, dimana telah dibangun IPA fase 1 berkapasitas 200 liter/detik fase 1 dan sudah melayani sebanyak 9.250 sambungan rumah dari target sambungan sebesar 16.000 sambungan rumah.



Hadirin sekalian,

?

Selanjutnya, terkait dengan eksistensi pendidikan vokasi. Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan sering menyinggung tentang pentingnya sekolah vokasi bagi Indonesia. Sekolah vokasi bahkan dianggap sama pentingnya dengan infrastruktur. Diibaratkan, dunia kini sudah berubah, sehingga apabila kualitas sumber daya manusia Indonesia tidak dipersiapkan dengan baik, Indonesia akan tertinggal dalam perubahan dunia tersebut.

?

Beliau menambahkan, bahwa perubahan sangat cepat, dari internet beralih ke mobile internet, lalu dari mobile bergeser ke artificial intelligence, robotics, tesla hyperloop. Itulah sebabnya, sekolah semacam politeknik dan vokasi, sangat diperlukan jika kualitas SDM di Indonesia tidak ingin tertinggal dari negara lain.

?

Kebutuhan industri terhadap tenaga kerja muda, cekatan, dan terampil sangatlah tinggi. Tak hanya itu, dunia industri juga membutuhkan tenaga kerja dengan sikap dan soft-skill yang baik, siap dengan perubahan, inovatif serta memiliki daya tahan tinggi. Oleh karena itu, penyiapan pendidikan vokasi menjadi salah satu prioritas agar lulusan pendidikan vokasi bisa langsung bekerja di dunia industri.

?

Untuk itu, Daerah Istimewa Yogyakarta mengambil inisiatif dengan membentuk Komite Vokasi dan Produktivitas Daerah (KVPD) DIY, dan telah berkolaborasi dengan perangkat pendukung lainnya seperti Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP), Kadin DIY dan berbagai Asosiasi Pengusaha dan Pelaku Industri di DIY.

?

Koordinasi masih terus dilanjutkan dan semakin didetailkan pada aspek-aspek vital pengembangan SDM DIY. Kerjasama ini dapat diteguhkan melalui konsep public-private partnership dalam upaya pengembangan kurikulum maupun proses belajar mengajar.

?

Idealnya, satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) vokasi industri minimal menjalin kerja sama dengan 50 perusahaan. Kerja sama sama ini diharapkan mampu menyerap seluruh lulusan vokasi yang kemampuannya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Adapun bentuk kerjasamanya mulai dari praktik kerja, pemagangan, sampai penempatan kerja. Ini berlaku baik untuk SMK juga Politeknik.

?

Demikian sekiranya sedikit gambaran yang dapat kami sampaikan sebagai pengantar dalam pertemuan ini, seiring ucap Selamat Datang di Yogyakarta kepada Tim Sekretariat Jenderal DPR RI. Saat ini, telah hadir OPD terkait yang sekiranya dapat mendukung diskusi pada hari ini. Kepada yang terhormat Tim Sekjen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kami mohon arahan, masukan, serta dukungannya, khususnya dalam hal sanitasi, air bersih dan peningkatan kualitas pendidikan vokasi.

?

Sekian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




Yogyakarta, 16 Maret 2023

?