BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN WIWITAN PASA KEPOLISIAN DAERAH DIY

Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang saya hormati:

  • Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. atau yang mewakili;

  • Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., atau yang mewakili;

  • Rekan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia;

  • Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY;

  • Mitra kerja Polda DIY;

  • Rekan kerja dan mitra Polda DIY;

  • Anggota Forkopimda DIY;

  • Kepala Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta beserta jajarannya;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.



MARILAH senantiasa kita panjatkan puji-syukur ke hadirat Allah. SWT., karena atas perkenan-Nya, kita dapat bersama-sama menghadiri Acara Wiwitan Pasa yang diselenggarakan oleh Polda DIY, seraya menunaikan doa bersama bagi keselamatan bangsa dan negara, di masa menjelang hadirnya bulan suci penuh hikmah dan ampunan ini.

?

Dan dalam menyambut bulan suci ini, Polda DIY menyelenggarakan rangkaian kegiatan Wiwitan Pasa, dengan menggabungkan nuansa seni, budaya, ekonomi, dan sosial, seiring agenda pameran lukisan, pertunjukan seni, workshop, dan pasar kangen sebagai agenda utama.

?

Seni lukis telah mengiringi peradaban manusia. Lukisan juga seakan menjadi cermin peradaban yang terbentuk dari olah rasa, cipta dan karsa, mencakup nilai-nilai pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat, kecakapan, dan kebiasaan atau yang kita kenal sebagai kebudayaan. Lukisan sejatinya juga memancarkan spirit Hamemayu Hayuning Bawana, dengan fungsinya untuk memperindah keindahan dunia, seraya mengupayakan keselamatan, memelihara kehidupan, dan menjaga dari kerusakan.

?

Di sisi lain, pasar kangen menjadi cerminan orkestrasi sosial, melalui pertemuan antara pedagang dan konsumen. Dengan ciri khas komoditas berbalut tradisi, pasar kangen menjadi ajang nostalgia terhadap produk-produk tradisional, seraya memperkenalkan komoditas yang lahir dari kearifan lokal, kepada generasi muda.

Demikian pula dengan pementasan pertunjukan dan workshop seni, yang dapat menjadi ajang hiburan sekaligus aktualisasi nilai-nilai budaya yang melingkupi kehidupan. Apalagi DIY sangat kaya akan talenta, sehingga pertunjukan dan workshop seni ini, akan menjadi ajang ekspresi bagi para seniman dan budayawan. Dan atas terselenggaranya Wiwitan Pasa ini, saya mengapresiasi Polda DIY, karena telah memberi warna kreatifitas dan aktualisasi budaya, dalam menyambut datangnya bulan suci.

?

Akhirul kalam, semoga Allah SWT, berkenan melimpahkan berkah dan rahmat-Nya, sehingga seluruh acara dapat berjalan dengan sukses sampai paripurna.

?

Sekian, terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

?

Sleman, 17 Maret 2023

?