BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam damai sejahtera bagi kita semua.

?

Yang kami hormati:

  • Ketua, Pimpinan Fraksi, dan segenap anggota DPRD DIY,

  • Kepala BPK DIY atau yang mewakili;

  • Perwakilan OPD Pemda DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian

?

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga kita masih dapat hadir dan bersilaturahmi? pada acara Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan RI dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.



Pimpinan fraksi, para anggota DPRD DIY dan hadirin sekalian,

?

Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah merupakan bagian dari Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah yang dimulai dari tahapan Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan dan Pelaporan.

?

Saat ini, implementasi LKPD berbasis akrual, merupakan bukti bahwa pemerintah daerah telah mampu mempertanggungjawabkan pelaksanaan APBD dengan lebih transparan, akuntabel dan juga memberi manfaat yang lebih baik bagi para pemangku kepentingan.

Sistem akrual mendukung pembentukan karakteristik informasi yang relevan dan memungkinkan penyampaian feedback dengan baik, sehingga pengguna dapat melakukan koreksi secara dini, membantu memprediksi situasi di masa yang akan datang. Laporan juga dapat disajikan tepat waktu, sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan.




Hadirin yang kami hormati,

?

Bagi Pemda DIY, hasil pemeriksaan merupakan sarana evaluasi dan perbaikan atas Sistem Penglolaan Keuangan Daerah pada Pemda DIY. Tujuannya, agar tidak mengulangi kesalahan dan permasalahan yang sama ke depannya. Pemda DIY juga berkomitmen, untuk segera menindaklanjuti beberapa temuan pemeriksaan. Bagaimanapun, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah merupakan wujud pertanggungjawaban atas kinerja pemerintah daerah.

?

Demikian yang dapat kami sampaikan. Segala masukan, akan kami jadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan tanggung jawab pengelolaan keuangan daerah, dengan landasan integritas dan profesionalisme.

?

Terima kasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Yogyakarta, 13 April 2023

?