BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN LEPAS SAMBUT KOMANDO RESOR MILITER 072/ PAMUNGKAS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,



Yang saya hormati:

  • Bapak Mayjen TNI WIDI PRASETIJONO,

Pangdam IV/Diponegoro,

  • Bapak Mayjen TNI PUJI CAHYONO, S.I.P., M.Si. dan Bapak Brigjen TNI JOKO PURNOMO,

  • Para Anggota Forkopimda DIY,

  • Para Tamu Undangan dan Hadirin, serta khususnya Keluarga Besar Korem 072/Pamungkas yang berbahagia,



MARILAH kita panjatkan puji-syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa atas karunia-Nya, bahwa hari ini kita dapat hadir dalam Acara Lepas-Sambut Komandan Resor Militer 072/Pamungkas, masih dalam suasana penuh khidmat dan bahagia, di bulan Syawal penuh berkah ini.

?

Serah Terima Jabatan atau Tour of Duty, di lingkungan TNI sudah mentradisi dan menjadi hal yang rutin. Kendati pun demikian, tujuannya adalah dalam rangka memelihara dinamika gerak maju menuju ke tataran yang lebih kualitatif, sekaligus momentum stick proof, evaluasi misi dan tugas yang telah dijalankan.

Bagi yang akan berpisah, tentu sarat kenangan selama bertugas. Sebagaimana dituturkan oleh Bapak Puji Cahyono, bahwa Yogya memang istimewa dalam berbagai hal. Untuk itu, semoga pengalaman suka-duka dalam menghirup udara Yogya itu, dapat dijadikan bekal berharga dalam mengemban jabatan lain di masa mendatang.

?

Bagi warga Yogyakarta, beliau adalah seorang pejabat TNI yang dekat dengan berbagai komponen masyarakat, yang selalu membuka diri untuk berdialog. Dengan dialog itulah, dapat lebih mudah berkoordinasi mengantisipasi masuknya gangguan keamanan. Mungkin itulah kesan yang mencitrakannya sebagai prajurit TNI yang tak terlalu menekankan pada security approach, tetapi lebih mengembangkan human approach, tanpa mengabaikan peraturan dan disiplin kemiliteran.

?

Dengan demikian, kesan TNI adalah institusi yang ditakuti dan berdisiplin kaku, berangsur mencair dan makin dekat di hati masyarakat. Secara umum, TNI telah bertransformasi, dan mampu mewujudkan bagaimana disiplin diberi ruh dinamika, sehingga kesan menakutkan berubah menjadi ?semedulur?, dan bahkan TNI menjadi mitra masyarakat. Itulah seni kepemimpinan TNI yang harus dikembangkan.

?

Dengan visi dan prinsip seperti itu, tampaknya itulah yang selalu dijaga oleh Bapak Puji Cahyono selama bertugas di Yogyakarta. Seluruh masyarakat Yogyakarta berharap, semoga prestasi itu tidak hanya menjadi kenangan semata, tetapi untuk lebih dikembangkan dalam mengemban missi di pos penugasan yang baru, sebagai Staf Ahli Panglima TNI Bidang Pengawasan Khusus dan Lingkungan Hidup di Mabes TNI Cilangkap..

?

Selanjutnya, kepada Bapak Joko Purnomo yang akan bertugas, diharapkan, agar proses dialogis dan partisipatif yang telah diletakkan oleh pendahulunya, dapat dipelihara dan dikembangkan, sehingga tetap terjaminnya kondisi stabilitas dinamis yang berkelanjutan.

Sehingga pada gilirannya, akan tercipta pula, iklim yang kondusif dalam menunjang proses pemulihan ekonomi dan menyongsong Pemilihan Serentak Tahun 2024. Jika kondisi ini bisa tercapai, berarti TNI pun telah berpartisipasi dalam mendukung tegaknya otonomi daerah yang luas, maju dan mandiri, yang berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ijinkanlah saya, baik atas nama Forkopimda maupun seluruh warga Yogyakarta, mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Mayjen TNI PUJI CAHYONO, S.I.P., M.Si., yang telah memberikan pengabdian terbaik bagi Yogyakarta.

?

Sedangkan kepada Bapak Bapak Brigjen TNI JOKO PURNOMO, kami juga berharap, agar tidak segan-segan untuk melakukan dialog, komunikasi dan koordinasi dalam rangka menunaikan misi dan tugas bersama.

?

Dengan kesan, pesan dan harapan singkat seperti itulah, kita semua menyambut acara Lepas-Sambut ini, sekaligus mengucapkan: "Selamat Datang" dan "Selamat Jalan" kepada kedua pejabat, dengan harapan, agar pesan itu dapat diamalkan di pos tugas masing-masing.

?

Semoga bagi keduanya, Yogyakarta menjadi ruang belajar, mengabdi, dan memberikan memori yang indah. Dan semogalah pula, Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rakhmat-Nya bagi Bapak-Bapak berdua beserta keluarga.

?

Sekian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 4 Mei 2023

?