BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERINGATAN HARI JADI KE-107 KABUPATEN SLEMAN

Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam Sehat dan Sejahtera bagi kita semua,



Yang saya hormati:

  • Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo selaku Bupati Kabupaten Sleman beserta seluruh jajarannya;

  • Bapak Haris Sugiharta, SIP. beserta seluruh anggota DPRD? Kabupaten Sleman;

  • Jajaran Forkopimda Kabupaten Sleman;

  • Para tamu Undangan dan Hadirin, serta segenap warga Sleman yang saya cintai.

?

MARILAH kita panjatkan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenan-Nya, sehingga kita masih dapat merayakan Hari Jadi Kabupaten Sleman Ke-107 pada hari ini, Senin Legi, 15 Mei 2023. Masih dalam suasana penuh khidmat, sahaja bulan Syawal, dan sucinya Hari Idul Fitri, adalah tepat saatnya, jika saya pun turut mengucapkan: ?Selamat Idul Fitri Tahun 1444 Hijriyah, Minal Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin?.




Warga Sleman yang berbahagia,

?

Perayaan hari jadi Kabupaten Sleman tahun ini kian bermakna, karena dilandasi oleh gareget Nyawiji lan Murakabi, yang berarti semangat satu padu untuk kesejahteraan Sleman Sembada.

?

Sejatinya, Nyawiji lan Murakabi, dapat ditempuh melalui rangkaian proses yang muncul dari ajaran luhur Tridharma, yang selengkapnya menyiratkan pesan:? ?Mulat sarira hangrasa wani?;? ?Rumangsa m?lu andarb?ni; dan ?Wajib melu hangrungkebi", atau dapat difahami sebagai nilai-nilai introspeksi-mawas diri, merasa ikut memiliki, dan selanjutnya berkewajiban ikut membela dan mempertahankan.

Setiap warga Sleman harus menyadari, bahwa perwujudan Sleman Sembada, memang tidak bisa lepas dari masyarakat sebagai subjek aktif, tentu dengan didukung koordinasi dan tata kelola oleh aparat pemerintah daerah. Dari hasil introspeksi itulah, secara alamiah, akan melahirkan bersit rasa cinta untuk turut memiliki dan mencintai, hingga pada akhirnya menggelorakan rasa untuk turut membela marwah Kabupaten Sleman yang dicintainya. Keseluruhan proses itu, haruslah dijalin melalui kerja bersama, gotong-royong, dan golong gilig, seiring terciptanya harmoni Manunggaling Warga lan Pamong.

?

Saya berharap, agar nilai-nilai Nyawiji lan Murakabi itu dapat senantiasa meresap-merasuk di hati sanubari, terutama dalam upaya memulihkan kondisi pasca pandemi, seiring menyongsong masa depan yang lebih baik. Bagaimanapun, Nyawiji lan Murakabi bukanlah ?kata benda? dan sekadar ?wacana?, tetapi harus menjadi ?kata kerja? yang berlanjut dalam ?harmonisasi pembangunan? untuk mewujudkannya. Wacana itu akan tercapai menjadi realita hanya atas dukungan, partisipasi dan kontribusi dari segenap warga Sleman tanpa terkecuali, siapa pun dia.

?

Dengan pesan dan harapan itulah, saya menyambut baik Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman tahun ini. Dan semoga-lah pula, Tuhan Sang Kuasa Cipta berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya bagi keselamataan, kesejahteraan, serta kedamaian. Dirgahayu-lah Kabupaten Sleman dan seluruh warganya yang ke-107!

?

Sekian, terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 15 Mei 2023

?