BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan APEL PEMBENTUKAN PROGRAM POLISI RW (POLISI JAGA WARGA) DAN PELANTIKAN PETUGAS POLISI RW (P

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

?

Yang saya hormati :

  • Kepala Badan Pemelihara Keamanan POLRI;

  • Kapolda DIY beserta jajaran;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Ketua DPRD DIY;

  • Walikota dan jajaran Forkopimda Kota Yogyakarta;

  • Para pejabat sipil dan militer;

  • Tamu Undangan dan Hadirin sekalian ,



Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan rahmat kesehatan dan kesempatan, untuk hadir dalam acara apel pembentukan program Polisi Jaga Warga (Polisi RW) dan pelantikan Polisi Jaga Warga di wilayah DIY.



Hadirin sekalian,

?

Saat ini, Indonesia dihadapkan pada situasi yang cukup dinamis dan fluktuatif, seiring mendekatnya agenda Pemilu dan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Dalam berbagai hal, dinamika kehidupan masyarakat di wilayah DIY sangat mempengaruhi situasi nasional.

?

DIY dikenal sebagai miniatur Indonesia, dengan karakter demografis masyarakat yang sangat heterogen. Keanekaragaman ini, adakalanya mewarnai situasi kamtibmas di wilayah, seperti munculnya tindak kekerasan, kejahatan jalanan, KDRT, penyakit masyarakat dan sosial, maupun kasus kriminalitas lainnya.

?

Atas fenomena itulah, pada hari ini, saya mengapresiasi program Polisi RW yang diluncurkan POLRI, sebagai salah satu strategi untuk menekan dan mengantisipasi timbulnya gangguan Kamtibmas, seiring upaya menciptakan kondusifitas masyarakat.

?

Melalui Polisi Jaga Warga, POLRI bermitra dengan unsur masyarakat, lembaga kemasyarakatan, dan unsur pemerintah daerah, untuk berkolaborasi mencari solusi permasalahan gangguan Kamtibmas, meningkatkan kesadaran hukum, dan memperkuat kepedulian masyarakat terhadap keamanan bersama.

?

Besar harapan, agar Polisi RW terus mengedepankan kearifan lokal dalam melaksanakan kewajiban, seiring pemahaman atas prinsip Desa Mawa Cara, Negara Mawa Tata. Bahwasanya setiap entitas memiliki tata dan aturan yang harus dihormati, selaras artinya dengan pepatah ?Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung?.

?

Dengan berbagai potensinya, Polisi RW juga berpotensi memperkuat kelompok jaga warga, dengan bersinergi menjalin komunikasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di lingkungannya. Selain itu, Polisi RW juga diharapkan mampu memberikan informasi maupun mencari informasi, dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada di masyarakat.

?

Dengan pendekatan tersebut, diharapkan tercipta daya tangkal dan daya cegah terhadap potensi gangguan keamanan, serta mampu menjadi problem solving di lingkungan masyarakat. Senantiasa kedepankan prinsip kehati-hatian dalam setiap tugas, pastikan ketaatan sesuai dengan prosedur tetap dengan mengedepankan rasa? kemanusiaan, agar Polisi Jaga Warga dapat menjadi sejatinya mitra dan sahabat masyarakat.

?

Terakhir, saya mengajak semua pihak untuk mendukung berjalannya program ini. Semoga ke depan, ruang silaturahmi antara POLRI dan seluruh elemen masyarakat semakin solid. Dengan terciptanya situasi keamanan yang kondusif, diharapkan sendi-sendi kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan baik, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat aman, tenteram, dan damai dapat.

?

Dengan visi dan misi itulah, saya mengiringi Peluncuran Polisi Jaga Warga di wilayah Polda DIY. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menunjukkan jalan lurus-Nya kepada kita semua, dalam turut mewujudkan masyarakat yang harmonis dan sejahtera.

?

Wassalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 17 Mei 2023

?