BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita India Jajagi Peningkatan Kerjasama Kebudayaan dan Tekhnologi Dengan DIY

India Jajagi Peningkatan Kerjasama Kebudayaan dan Tekhnologi Dengan DIY

Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh tadi pagi (Senin,19/05) bertemu Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX?? dalam rangka peningkatan kerjasama yang saling menguntungkan dengan DIY di Gedung Pare Anom,Kepatihan Yogyakarta.

Dalam pembicaraannya dengan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX mengatakan bahwa kedatangannya ke Yogyakarta selain memperat silaturahmi serta ingin meningkatkan kerjasama antara India dengan Yogyakarta di pandang Gurjit Singh Yogyakarta banyak mempunyai kesamaan dengan India. Kesamaan itu lanjut Dubes adalah dibidang kebudayaan, pendidikan serta jumlah penduduk usia mudanya.

Dari berbagai kesamaan tersebut sangatlah tepat apabila India menunjuk Yogyakarta sebagai mitra kerjasama termasuk didalamnya rencana Sister Province. Namun untuk ke arah Sister City/ Province ini tandas Gurjit Singh masih terkendala dengan regulasi yang ada di India, dimana india baru saja melaksanakan Pemilihan umum serta berbagai perubahan di sana.

Menyinggung kerjasama dibidang Kebudayaan Singh menjelaskan bahwa hubungan India dengan Yogyakarta telah cukup lama terjalin, sehingga sangat pas apabila kerja sama bidang kebudayaan itu ditingkatkan dan dikembangkan mengingat di kedua wilayah India dan Yogyakarta banyak peninggalan. Disamping itu kerjasama penelitian arkheologi, pengembangan Tekhnologi Informasi dan pendidikan juga layak ditingkatkan.

Dalam kesempatan pembicaraan antara Wakil Gubernur dengan Duta Besar India tersebut juga dibahas tentang kerjasama kepemudaan mengingat hampir 50 persen dari jumlah penduduk di India itu pemuda, demikian Yogyakarta juga mempuyai potensi pemuda terdidik demikian banyak, maka apabila ini dikembangkan dalam kerjasama sangatlah bagus

?

Dengan adanya tawaran kerjasama dari Duta Besar India untuk Indonesia Wakil Gubernur DIY sangat senang dan mengapresiasi kerjasama yang saling menguntungkan tersebut. Apalagi DIY saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan di berbagai bidang tak terkecuali. Apalagi dibidang pendidikan Yogyakarta banyak? lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas yang bisa dikerjasamakan seperti UGM, Atmajaya dan lain-lain.

Pertemuan antara Duta Besar India dengan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs.GBPH.H.Yudaningrat , pejabat dari Bappeda dan dari BKPM DIY diakhiri dengan saling tukar menukar cindera mata.(Kar)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY