BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Lomba IPTEK Tingkat DIY Tahun 2014

Dalam ranka penganugerahan IPTEK bagi pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Umum Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY mengadakan kegiatan lomba IPTEK tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan.Rabu, ( 28 /05) Di Kepatihan Yogyakarta.

Dalam pelaksanaan pemaparan dibagi menjadi kelompok yaitu kelompok A dan Kelompok B dan ruangnyapun juga di bagi dua, kelompok A. di Ruang Rapat A Biro UHP Setda DIY ,dan untuk Kelompok B di Ruangan Rapat Gandokkiwo kepatihan.

Para Tim penilai dari kelompok B adalah Ir. Bayudono, M.Sc, Drs. Hadjar Pamadhi, MA (Hons), Prof. Dr. dr. KRT. Adi Heru Sutomo, M. Sc, Ir. Darmanto, M. Sc dan Drs. Bayu Februarino Putro.

Sedangkan Pesertanya berasal dari Mahasiswa ,SLA, dan Masyarakat Umum, dsementara itu peserta kelompok ada 17 kelompok dan ditambah peserta perseorangan, yangmana dari kelompok B masing-masing peserta menyampaikan paparannya mengenai materi yang dilombakan diantaranya adalah :

  1. Reza Aulia Akbar, Mahendra Aulia R ( SMAN I Yogyakarta) asal Yogyakarta Dengan judul Game lingkungan berbasis Pendidikan
  2. Wiwid Hestyandra (dari Masyarakat Umum Perseorangan) asal Bantul dengan judul Prototipe Pembangkit Listrik tenaga elektrolis.
  3. Aji Setiawan, Muh Nana Aviciena (Masyarakat Umum Kelompok) asal Bantul dengan judul Early Earthquake Warning System.
  4. Masruroh Yuni Pratiwi (SMAN I Jetis bantul) dengan Judul Pemanfaatan limbah kulit klatak sebagai alternative bahan bakar ramah lingkungan.
  5. Devi Luthfikasari (SMAN I Semin Gunungkidul) dengan judul Si Kuning Legit Kudapan cita rasa waluh.
  6. Markidin Parikesit, S.Pd, MT (Masyarakat Umum peseorangan) asal Dusun Jeruk Kepek Wonosari Gunungkidul dengan judul Pemanfaatan Accumulator bekas untuk rumah mandiri listrik (Generator listrik ramah lingkungan).

Untuk Tim Penilai kelompok A diantaranya Dr.Ir.Achmad Kasihayani M.Sc, Dr.Ir.Alva Edy Tontowi.M.Sc, Hardi Jelendra S.Pt.M.Sc dan Hendar Susilowati SH. Sedangkan pesertanya dari masyarakat umum adalah;

1. Wiwid Hestyanndra dari Bantul dengan judul Prototipe pembangkit listrik tenaga elektrolis.

2. Supri handoko judul Alat angkut multi fungsi.

3. Suparwati UKM Al Barik judulnya Kripik Al Barik

4. Andi Santoso ,Febrian Krisna Wardana judul Games aku cinta Batik.

5. Aji Setiawan ,Muh Nana Aviciena judulnya Early Earthquake Warning System.

6. Kelompok Arief Efianingrum Dkk judul Pengembangan model pelatihan RESPECT bagi guru untuk pencegahan kekerasan ( bullying ) di SD

7. Kelompok Kemuning Judul Pengelolaan Rempah-rempah menjadi bahan kesehatan dan kecantikan.

Setelah pemaparan dari masing-masing peserta tim penilai akan menilia karya ?karyanya yang akan menjadi juara nantainya. (bin/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY