BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Prawirodirjan Wakili Kota Yogyakarta Maju Dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat DIY 2014

Prawirodirjan Wakili Kota Yogyakarta Maju Dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat DIY 2014

Pengalungan bunga, penyerahan untaian bunga, suguhan tari biasanya digunakan untuk menyambut kedatangan tamu agung atau tim suatu perlombaan dan sebagainya, namun tidak demikian bagi Tim Perlombaan dan Evaluasi Desa/Kelurahan Tingkat DIY Tahun 2014 di Kelurahan Prawirodirjan,? Kota Yogyakarta, tim disambut dengan penangkapan penjambret dompet wisatawan yang sedang jalan-jalan di sepanjang jalan Gondomanan satuan PAMWIL HANSIP Kelurahan Prawirodirjan,Kecamatan Gondomanan menangkap jambret yang sedang beraksi? tanpa perlawan di tangkap Hansip? dengan tidak main hakim sendiri? kemudian diserahkan anggota Polsek Gondomanan yang sedang tugas patroli keliling menjaga ketertiban dan keamanan wilayah.

Anggota Tim yang dipimpin Kepala Biro Hu kum Setda DIY Sumadi SH.M.Hum pun sempat terperanjat melihat? di tengah-tengah penyambutan rombongan tim evaluasi tiba-tiba terjadi keributan antara PAMWIL HANSIP dengan seorang pemuda? serta anggota kepolisian,? namun setelah pemandu penyambutan tim menjelaskan akhirnya tahu apa maksud dari keributan tersebut ternyata hanyalah peragaan atau simulasi dari kegiatan PAMWIL HANSIP Kelurahan Prawirodirjan,Kecamatan? Gondomanan dalam? mensimulasikan penangkapan jambret dalam? rangka melaksanakan tugasnya sebagai pelindung ketertiban dan keamanan masyarakat untuk menjaga terciptanya ketertiban dan keamanan, kenyamanan lingkungan .

Selain disambut simulai, tim juga disambut lantunan tembang Mijil yang ditembangkan ibu-ibu PKK Kelurahan Prawirodirjan yang kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Lurah Prawirodirjan Drs.Ekhwanto.

Dalam laporan paparannya Lurah Prawirodirjan antara lain menjelaskan bahwa salah satu misi kelurahan Prawirodirjan yaitu meningkatkan kebersamaan antara pemerintah dan seluruh warga masyarakat dalam pembangunan partisipatif untyuk mewujudkan kualitas lingkungan pemukiman yang bersih, sehat dan nyaman huni dalam bingkai religiusitas serta terwujudnya ketentreman dan ketertiban umum dengan memegang moto ? Satu hati untuk Melayani, Prawirodirjan Damai Abadi dan Tradisi Berprestasi?.

Kelurahan dengan jumlah KK sebanyak 2.841 KK dengan jumlah penduduk 9.300 orang tersebut terbagi dalam 18 RW dan 61 RT memiliki berbagai potensi unggulan diantaranya sebagai Pusat perdagangaan dan jasa, Pusat Belanja Elektronik, naget, Bakpia, Sanggar seni Sekar Seto, Daur ulang dan pengolahan sampah ? TAKAKURA?industri Suttle Cock, Kuliner.

Terkait dengan pemberdayaan masyarakat lanjut Drs.Ekhwanto, Kelurahan Prawirodirjan bersinegisitas kelembagaan Simbiosis mutualisme Zero konflik antar lembaga kemasyarakat sehingga pembangunan dibidang Sosial, bidang keuangan, bidang keagamaan berjalan harmonis sehingga berbagai kegiatan ekonomi juga berkembang baik.

Sementara itu Ketua Tim Evaluasi dan Perlombaan Desa/ Kelurahan Tingkat DIY Tahun 2014 Sumadi.SH.M.Hum ketika membacakan sambutan Gubernur DIY mengatakan bahwa pembangunan di desa tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada partisipasi dan dukungan dari masyarakat karena anggaran di desa/kelurahan sangatlah kecil dan tidak akan mencukupi untuk menyelesaiakan program pembangunan tersebut. Oleh karena itu lembaga-lembaga di desa/kelurahan harus difungsikan secara optimal sekaligus mengawal program-program pembangunan tersebut.

Salah satu untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian dalam pembangunan yaitu melalui pengembangan kapasitas pembangunan kelembagaan masyarakat yaitu dengan penyelenggaraan perlombaan desa/kelurahan sesuai dengan Permendagri nomor 13 tahun 2007 tentang perlombaan Desa/kelurahan se Indonesia. Hal ini untuk mendorong penguatan ekonomi desa serta untuk mengetahui peningkatan kinerja aparat, mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pembangunan di desa/kelurahan di setiap sektor pembangunan.

Usai pemaparan oleh Lurah Prawirodirjan, wawancara dengan perangkat Kelurahan yang meliputi Bidang Pendidikan, Kemsayarakatan, Ekonomi, Kesehatan, pelayanan dan sebagainya , kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan sampel kegiatan diberbagai tempat wilayah Kelurahan Prawirodirjan dan diakhiri dengan menyaksikan simulasi penanggulangan bencana kebakaran mandiri dengan menggunakan hidrant mini yang dibangun masyarakat sendiri. Alat yang digunakanpun dengan menggunakan sumur warga dan menggunakan diesel. Hal ini dilakukan mengingat kelurahan Prawirodirjan padat penduduk dan mobil Pemadan Kebaran sulit masuk wilayah, mengingat akses jalan yang terlalu sempit.(Kar)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY