BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Pengajian Pejabat dan Aparat Pemda DIY Putaran ke 6

Pengajian Pejabat dan Aparat Pemda DIY Putaran ke 6

Di Gedung Bank Indonesia Yogyakarta, Jl. P Senopati dilaksanakan pengajian bagi para pejabat dan aparat Pemda DIY dengan menghadirkan nara sumber Saijan SAg, MSi.

Pada kesempatan itu Saijan yang juga seorang Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dalam atusiahnya menjelaskan pentingnya menjaga silaturahim Rasullah SAW pernah mengemukakan bahwa, ?jadilah manusia yang senang melakukan silaturahim, karena dengan silaturahim akan dimudahkan jalan rezekinya oleh Allah SWT dan dicatat sebagai amal sholeh?. Barang siapa keluar rumah dalam rangka mencari ilmu maka akan dimudahkan jalan rejekinya, tandasnya.

?

Hidup di dunia ibarat orang yang ?mampir ngombe?, bahkan Rasulullah menggambarkan bahwa dunia hanya merupakan tempat berteduh sehingga dunia bukan merupakan tujuan utama. Berhubung hidup di dunia ini tidak lama dan hanya sementara, maka yang dicari adalah ketenangan, bukan jabatan atau yang lainnya. Jabatan bukanlah merupakan prestise semata, sebagai anamah yang harus dijalan sesuai aturan yang ada. Disamping itu kita sebagai manusia jika mendapat nikmat hendaknya selalu bersyukur kepada? Allah SWT.

Ada empat hal yang dapat mendatangkan ketentraman, tambah Saijan yaitu: Pertama, bersikap jujur, sifat ini akan terjaga sampai akhir hayat. Menurutnya kejujuran? sesuai hati nurani? harus dilatih sejak mulai kecil, karena hati nurasi akan bicara sejujurnya, sifat jujur tidak bisa serta merta dapat diwujudkan tatkala dewasa. Dia mencontohkan pendidikan anak-anak TK di Jepang yang dijarkan 4 sifat hal yang sangat sederhana, namun akan sangat berefect ketika dewasa, yaitu : dilatihnya mereka untuk membiasakan diri mengucapkan salam, pandai berterima kasih, biasa meminta maaf tatkala melakukan kesalahan. Hal ini dilakukan dijepang dengan tujuan agar kelak dewasa anak tersebut akan terbiasa dengan kebiasan itu.

Kedua, biasa mengucapkan terimakasih, jika sebagai manusia mendapat rahmad dan rezeki dari Allah SWT , tidak? hanya itu saja berterimakasih kepada sesamapun itu juga baik karena menunjukan bahwa hubungan antar sesama itu sangat penting didunia , kita tidak hidup tampa sesama dan lingkungan, walaupun? hidup itu hanya mampir ngombe, tetapi dalam menjalankannya banyak hal yang harus di lalui untuk menuju tujuan akhir yaitu akherat.

Ketiga, punya rasa malu, apabila kita? masih punya rasa malu jika akan melakukan hal yang merugikan sesama maupun negara akan tidak terjadi, karena masih ada rasa malu tersebut.

keempat adalah membangun akhlak mulia, dalam hal ini tidak semudah yang kita lihat maupun kita ucapakan, karena? akhlak mulia itu sebagai manusia tidak lepas dari perbuatan salah, namun demikian kita bisa melakukan akhlak mulia dengan kegiatan kecil, seperti? kegiatan? setiap harinya, misalnya pamitlah kepada anggota keluarga? bila hendak pergi ini sudah merupakan akhlak mulia. ''Ungkapnya''

Acara pengajian rutin ini dihadiri oleh? Kakanwil Kementrian Agama DIY, Drs. H Maskul Haji, MPdI, Asisten Direktur BI, Joko Raharjo para Kepala SKPD di lingkungan Pemda DIY. (teb/ kar/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY