BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Pendidikan Berkualitas Diawali Dengan Pembelajaran yang Berkualitas

Pendidikan Berkualitas Diawali Dengan Pembelajaran yang Berkualitas

Kehadiran GOPTKI sebagai salah satu organisasi pelopor penyelenggara pendidikan prasekolah sudah sepatutnya diberikan penghargaan yang tinggi terhadap kinerjanya dalam membantu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), generasi penerus Indonesia khususnya di bumi yang istimewa ini. Dan sudah sepatutnya diberikan dukungan agar para penyelenggara pendidikan TK tetap terus mendidik dan menjadikan anak-anak generasi penerus yang handal. Hal tersebut diamanatkan Gubernur DIY yang disampaikan oleh Kabid Restandarni Disdikpora DIY, Drs. Suroyo pada peringatan HUT-57 GOPTKI (Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia) DIY pada hari Sabtu, (07/06) di Sasana Wiyata, Disdikpora DIY.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur menghimbau bahwa, mendidik anak usia dini dibutuhkan keahlian tersendiri, disamping merupakan panggilan hati nurani yang tulus dari para pendidik. Selain itu bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dengan benar, bijaksana tanpa kekerasan maka hasilnyapun akan cemerlang.

Usia 2 tahun hingga 4 tahun merupakan masa usia emas, maka jika anak diberi pengajaran yang benar akan menghasilkan anak yang cerdas. Pendidikan yang berkualitas diawali dengan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas merupakan pembelajaran yang bukan hanya mengembangkan aspek kognitif saja, melainkan harus mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik.

Sementara itu Ketua Umum DPP GOPTKI, Hj. S Inayati S Tarmidzi yang diwakili oleh Sri Endah Pujiati Baskara Aji antara lain menyampaikan bahwa, tantangan jaman di depan mata sangatlah besar dan komplek serta membutuhkan energi bersama dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa. Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat mendorong arus globalisasi di segala bidang di dunia nyaris tanpa batas lagi. Keadaan yang demikim itu menuntut kita untuk kembali berpikir, merenung, untuk selanjutnya secara bersama melakukan langkah konkrit baik dalam hal penguatan kelembagaan maupun program-program nyata.

Karena GOPTKI merupakan payung organisasi yang bergerak dibidang pendididkan anak usia dini di seluruh tanah air, maka harus dapat mengatasi permasalahan anak dan mengantisipasi dengan pendidikan yang lebih kuat dan tepat, tandas Inayati. (teb)

Kegiatan Ulang Tahun GOPTKI ke 57 ditandai pula dengan digelarnya workshop menghadirkan nara sumber : dr.Akhmad Akhadi S, MPH dan Muqowim dari Alive Indonesia UIN Sunan Kalijaga. (teb/Kar)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY