BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Taruna AAU Adisucipto Tingkat IV Mohon Doa Restu Sri Sultan HB X

Taruna AAU Adisucipto Tingkat IV Mohon Doa Restu Sri Sultan HB X

Hari ini Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kepatihan,Yogyakarta melepas 104 Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) Adisucipto Yogyakarta Tingkat IV setelah selesai mengikuti Pendidikan di AAU Yogyakarta selama 4 Tahun.

Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI Tabri Santoso.S.IP dalam laporannya menjelaskan bahwa sesungguh jumlah lulusan Taruna AAU Adisucipto tersebut 105 namun yang menghadap hari ini berjumlah hanya 104 lulusan karena satu orang baru berada di Jepang.

?

Dari 104 Taruna AAU ini nantinya akan diwisuda tanggal 17 Juni 2014 yang kemudian selanjutnya dilantik serta diambil Sumpahnya menjadi perwira bersamaan dengan Taruna dari angkatan lainnya tanggal 26 Juni 2014 oleh Presiden RI di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta .

Disamping menghadap Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X selain mohon doa restu dan pamitan setelah mengikuti pendidikan di Yogyakarta para Taruna juga mohon maaf kepada selurih warga Yogyakarta selama bersosialisasi di Yogyakarta terdapat sikap, tutur kata, maupun perilaku yang kurang berkenan bagi warga Yogyakarta.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam pengarahannya kepada para Taruna AAU yang akan diwisuda berpesan setelah menjadi perwira untuk terus belajar dan membaca, apalagi sebelum menjadi perwira telah dibangun sedemikian rupa maka harus peka terhadap perkembangan tekhnologi tetap memegang teguh Sumpah prajurit sapta marga sampai kapanpun.

Demikian juga mestinya setelah memasuki pension juga tetap memegang sumpah prajurit. Karena Gubernur DIY melihat bahwa di lapangan setelah pension begitu mempeoleh hak pilih dan mendapat kedudukan pengurus dalam partai politik sering ikut arus dan tidak lagi memegang sumpah prajurit serta sapta marga. Seharusnya tandas Sultan tidak larut dengan kebijakan partai yang ada, namun hendaknya Purnawirawan tersebut bisa mengingatkan apabila partai politik tersebut tidak pas dalam mengambil kebijakan. Hal ini dilakukan mengingat bangsa ini belum berhasil membangun Civil Sociaty yang kuat, kecuali kalau telah terbangunnya integritas yang kuat dari TNI dan Polri.

Dibagian lain Gubernur DIY mengingat seorang Perwira dan Anggota TNI Angkatan Udara disamping m,empunyai anak buah juga memiliki anak cucu, maka dari itu sebagai bapak bisa memberikan integritas yang benar , menempatkan pendidikan anak kita dengan benar. Hal ini ditandaskan Sri sultan HB X dalam rangka mewujudkan pembangunan generiasi muda kedepan yang lebih baik dari pada generasi-generasi sebelumnya.

Pelepasan dan pamitan taruna Akademi Angkatan Udara kepada Gubernur DIY selain ditandai dengan jabat tangan juga dengan berfoto bersama dan disaksikan pejabat TNI,Polri dan Sipil Pemerintah DIY(Kar/Skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY