BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gubernur DIY Menerima Komjen RRT

?

YOGYAKARTA? ? Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pagi ini Selasa, menerima Komisaris Jendral RRT (Republik Rayat Tiongkok), Mrs. Yo Hung di Gedung Willis Kepatihan Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut Komjen Yo memperkenalkan diri atas ketugasannya yang baru sebagai Komjen yang berkantor di Surabaya yang juga termasuk Yogyakarta sebagai wilayah Kerjanya.

Menurut Komjen Yo bahwa DIY merupakan daerah yang mempunyai banyak daya tarik, diantaranya banyak sekolah dan universitas ada di Yogyakarta. Selain itu banyak potensi pariwisata yang besar dengan aneka pernik budayanyanya beserta seniman yang ada. Dengan demikian kedepannya diharapkan adannya komunikasi yang intens diantara masyarakat Tiongkok dalam bidang kebudayaan dan pariwisata.

Kepada Sultan Mrs. Yo berjanji akan lebih banyak mendorong masyarakat Tiongkok untuk bisa berkunjung ke Yogyakarta dengan pesona budaya dan kesenian yang nantinya bisa berkembang menjadi hubungan yang lebih erat. Hal ini dibuktikan dengan keinginan banyak pelajar Tiongkok mempelajari bahasa Indonesia sebelum mereka berkunjung ke Yogyakarta.Bahkan beliau ingin mendirikan pusat pendidikan dan lembaga kebudayaan Tiongkok di Yogyakarta.

Sultan HB X menyambut baik kedatangan Komjen RRT tersebut dan berharap di kemudaian hari lembaga Kebudayaan Tiongkok yang ada di Yogyakarta yang membawa kebudayaan Tiongkok, dan sebaliknya ada Lembaga kebudayaan Yogyakarta yang ada di Negara tersebut yang masing masing membawa misi budayanya. Hal itu ,menurut Sultan, dapat berfungsi secara privat antara semuanya, baik masyarakat di kedua daerah, budayanya maupun senimannya.

Dengan hubungan tersebut nantinya masyarakat akan mempunyai inisiatif sendiri denga cara saling tukar pameran lukisan misalnya. Masing-masing keluarga bisa terlibat dengan kerjasama. Selain itu akan berkembang menjadi kolaborasi budaya, produk kesenian ataupun makanan khas yang ada, pungkasnya.

Turut mendampingi dalam pertemuan itu Kepala BKPM DIY, Totok Prianamto beserta staf serta dari Dinas Pariwisata DIY. (t*)

?

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY