BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita KUNKER KAB. BULUNGAN KALIMANTAN UTARA KE BIRO UMUM, HUMAS DAN PROTOKOL SETDA DIY

KUNKER KAB. BULUNGAN KALIMANTAN UTARA KE BIRO UMUM, HUMAS DAN PROTOKOL SETDA DIY

Setda Kab Bulungan Kunjungan kerja ke DIY


Yogyakarta. (11/02/2014) Paradigma ketatanegaraan yang sudah mengalami perubahan dan kemajuan mau tidak mau kita dituntut untuk bisa mengikuti tatanan perubahan dari sistem pemerintahan yang berlaku Salah satunya pengembangan IT di bidang sistem pelayanan dan sistim Informasi


Demikian dikatakan Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda DIY Drs. Sulistyo. SH. CN. Msi dalam sambutannya pada acara penerimaan kunjungan kerja Setda Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara Hari ini Selasa ( 11/02)


Sulistyo juga mengatakan bahwa di DIY saat ini telah menjalankan Sistem Administrasi Perkantoran Daerah (Sisminkada) untuk lebih mengefisienkan budaya kerja yang lebih cepat dan mudah dan akurat di lingkungan Pemerintahan .


Sementara diuraikan Kepala Biro Umum Humas Dan Protokol DIY Ir Sigit Haryanto. MT bahwa Pemda DIY kini telah menerapkan sistem e-office dalam penataan administrasi perkantorannya. Melalui program e-office, dijelaskan Sigit kita tak perlu susah payah memantau agenda kerja di tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang biasanya tercatat di whiteboard. Anak buahnya tinggal mengumpulkan informasi mengenai agenda tiap SKPD, lalu disimpannya dalam server. Semua pegawai dapat mengintip seluruh agenda di SKPD melalui monitor layar datar yang terpasang di sejumlah kantor kepala instansi. Materi yang terpampang di monitor itu juga bisa diintegrasikan dengan smartphone sehingga bisa dipantau langsung dimanapun kapanpun.


Program e-office atau Sistem Administrasi Perkantoran Daerah (Sisminkada) juga memuat beberapa fitur lainnya yakni surat masuk, surat keluar, meeting room, penghargaan dan tata naskah.


"Kalau ada keperluan surat menyurat, atau penandatanganan draft SK, bisa dipantau langsung disposisi surat sudah sampai dimana, Sekda atau bahkan sudah sampai Gubernur. Tidak perlu mengecek secara manual," papar Sigit yang saat ini sudah mengintegrasikan ponselnya dengan e-office Pemda DIY.


Sigit mengatakan, program e-office itu sebenarnya sudah berjalan sejak 2005. Seiring berjalannya waktu, pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga terus mengupayakan pembenahan program agar bisa diakses dengan optimal, meliputi pengadaan software maupun hardware. "Termasuk pembelian monitor ,? tuturnya.


Sementara disampaiakan Kepala Rombongan Asisten Administrasi Umum Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara H. Dermansyah Umar bahwa kedatangan rombongan ini bertujuan yang pertama adalah Silaturahmi guna menambah keakraban dan keeratan di dalam membangun komunikasi dan mitra kerja.


Disamping itu pula kedatangan ini tidak lain sebagai tujuan guna menimba ilmu didalam Aplikasi Pelaksanaan penerapan sistem informasi pemerintahan di DIY yang nantinya akan di jadikan barometer atau acuan didalam penerapan sistem infromasi Pemerintahan di Kabupaten Bulungan.


Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY