BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Pokdarwis Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul Pemenang Lomba Tingkat DIY Tahun 2014

Pokdarwis Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul Pemenang Lomba Tingkat DIY Tahun 2014

GUNUNGKIDUL(25/03/2014)jogjaprov.go.id. ? Keindahan, keunikan dan keberagaman Obyek Wisata alamnya, kekompakan serta kelembagaan yang tertata dengan baik di wilayah Desa Bejiharjo, Karangmojo,Kabupaten Gunungkidul menghantarkan Pokdarwis Bejiharjo menjadi Juara I Lomba Evaluasi dan Pengembangan Obyek Wisata Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta,Tahun 2014, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY,? dan? penyerahan Piala serta? Hadiahnya dilangasungkan tadi pagi (Selasa,25/03) di halaman obyek Wisata Gua Pindul, Bejiharjo,Karangmojo,Gunungkidul oleh Kepala Bagian Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata DIY.


Masing-masing Juara II,III dan harapan I,II serta III lomba Pokdarwis Tingkat DIY diraih Pokdarwis Pantai Baru, Kabupaten Bantul, Pokdarwis, Hargowilis, Kokap, Kabupten, Kulon Progo, Pokdarwis, Kalisuci, Gunungkidul, Pokdarwis Teplok,Plesiran, Kota Yogyakarta dan Pokdarwis,Sampan,Kabupaten Bantul.


Atas nama Kepala Dinas Pariwisata DIY, Sinang dalam sambautannya menyatakan bahwa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang merupakan Lembaga Swadaya masyarakat juga bangkit dari masyarakat dengan tujuan menggiatkan kegiatan Bidang pariwisata dengan berpegang pada semboyan Sapta Pesona.

?


? Disamping itu menjamurnya Desa Wisata merupakan peran pokdarwis dalam mengolah dan mengelola potensi wilayahnya, sehingga menumbuhkan pergeseran baru wisatawan yang semula fokus kunjungannya hanya bertumpu di Kota-kota seperti Malioboro,Kraton,Borobudur, Prambanan, mereka yang muda-muda akhirnya bertanya-tanya,? setelah ini berkunjung kemana . Inilah yang menjadi tantangan desa-desa wisata di DIY untuk menjawabnya dan sekarang saatnya untuk mengembangkan obyek desa wisata tersebut?.


Setelah sekian lama lanjut Sinang, desa wisata digarap dan dimotori Kelompok-kelompok Sadar Wisata di DIY akhirnya betul-betul bukan hanya slogan bahwa Desa sebagai penggerak perekonomian dapat dibuktikan bila dengan adanya desa wisata mampu memberikan penghasilan bagi masyarakat sekitar obyek wisata serta meningkatkan taraf hidupnya.


Menyangkui dengan diraihnya kejuaraan dalam lomba Pokdarwis, Sinang berharap jangan hanya puas meraih kejuaraan dalam perlombaan, tetapi yang paling penting adalah bagiamana untuk meningkatkan semangat lebih maju, serta adanya semangat untuk berkompetisi lagi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.


Sementara Bupati Gunungkidul Hj.Badingah.S.Sos melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Gunungkidul Hari Sukmono antara lain mengatakan bahwa sektor Pariwsata di DIY merupakan sektor unggulan dan dukungan yang kuat untuk memeberikan dampak positif bidang ekonomi, sosial dan budaya bagi masyarakat DIY.


Menurut Bupati Gunungkidul Potensi wisata baik wisata alam, wisata minat khusus, terus berkembang seiring kemampuan unsur-unsur pengelola wisata dalam membaca trend dan dinamika pariwisata, sehingga sejumlah obyek wisata di DIY menjelma menjadi ikon pariwisata baru yang semakin dikenal baik di dalam maupun luar negeri.


Dengan adanya pemberian hadiah Lomba Pokdarwis harapan Bupati Gunungkidul Hj.Badingah.S.Sos mampu memacu semangat masyarakat keterlibatan anggota pokdarwis sehingga potensi obyek-obyek desa wisata di DIY terus diberdayakan menjadi obyek wisata unggulan serta akan memotivasi pokdarwis-pokdarwis yang lain untuk lebih berkembang lagi.


Pemenang Lomba Pokdarwis selain menerima Piagam Penghargaan,Piala juga menerima uang pembinaan masing-masing juara I Rp.7 juta,Juara II Rp.6 juta,Jauara III Rp.5 juta dan jauara harapan I,II dan III menerima Rp.4 juta, Rp.3 Juta dan Rp.2 juta yang diserahkan Kepala Bidang Pengembangan Distinasi Parisata DIY atas nama Kepala Dinas Pariswiata DIY.?


Penyerahan hadiah Lomba pokdarwis Tingat DIY juga dihadiri Kepala-kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten/kota se DIY dan dimeriahkan dengan tampilnya Reog dan Siteran dari warga setempat.(kar/...

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY