BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Semarak Syawalan dan Pertemuan Rutin DWP Biro UHP

Semarak Syawalan dan Pertemuan Rutin DWP Biro UHP

Yogyakarta (08/05/2024) jogjaprov.go.id - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Biro UHP kembali menggelar syawalan dan pertemuan rutin pengurus dan anggota. Acara yang merupakan bagian dari upaya untuk menyatukan ukhuwah dan silaturahmi ini dilaksanakan pada Rabu, 8 Mei 2024 bertempat di ruang Wisanggeni, Unit 8, Kompleks Gubernur DIY, Kepatihan, Yogyakarta.

Syawalan kali ini dihadiri oleh Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY Drs. Teguh Suhada, M.Si., Kepala Bagian Administrasi Biro UHP DIY, Tri Sumardiyati S.IP, Ketua DWP Biro UHP Setda DIY Dewi Widyaningrum.

Dalam sambutannya, Dewi Widyaningrum berharap agar kebersamaan DWP Biro UHP Setda DIY tetap terbina dan ditingkatkan agar silaturahmi tetap berjalan baik. Pertemuan rutin ini dilakukan untuk memperkuat dan memberdayakan wanita terutama ibu rumah tangga yang kerap kali dianggap belum berdaya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. Teguh Suhada, M.Si., menyampaikan terkait kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki dalam pekerjaan sudah terlihat pada pekerja ASN. “Tujuan dari Dharma Wanita adalah untuk memperkuat dan memberdayakan kaum perempuan, yang selama masih melihat gender, seperti ibu-ibu rumah tangga dianggap belum berdaya. Nanti kalau sudah setara seperti karir di ASN sudah hampir imbang. Contohnya seperti Eselon 3 dan Eselon 4 kalau dilihat dari statistiknya sudah imbang, apalagi Eselon 4 lebih banyak wanitanya” jelasnya.

Sebagai rangkaian acara dari agenda syawalan ini, diisi dengan tausyiah oleh  ustadz Dedy Ahmad, yang mengangkat tema mengenai pentingnya rasa syukur, berbuat adil dan bertaqwa setelah sebulan melewati Ramadhan. Dijelaskan bahwa syukur dan sabar merupakan senjata dalam hidup manusia.

“Tujuan dari puasa adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa, buah dari kita bertakwa adalah bersikap adil” ungkapnya. Disampaikan pula bahwa adil merupakan kata yang sangat penting dalam dasar negara RI sehingga tercantum pada Sila kedua dan kelima. Adil itu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Terdapat ciri-ciri orang bertakwa yakni senang menyegerakan diri memohon ampun kepada Tuhannya dan senantiasa menafkahkan harta di waktu lapang dan sempit.” ungkapnya

Sebagai penutup, acara syawalan dan pertemuan rutin ini dimeriahkan dengan foto bersama pembagian doorprize untuk para anggota yang hadir. (hfz, Aul,mt)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY