BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMERIKSAAN PENDAHULUAN KINERJA PARIWISATA PADA PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

PEMERIKSAAN PENDAHULUAN KINERJA PARIWISATA PADA PEMERINTAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TAHUN ANGGARAN 2019 DAN 2020


Yogyakarta, 11 Januari 2021

-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr.Wb.,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang Saya hormati,

  • Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY;
  • Tim Pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY;
  • Kepala OPD terkait di lingkungan Pemda DIY;
  • Hadirin dan Tamu Undangan sekalian.


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ? Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk hadir sekaligus bersilaturahmi pada acara Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Pariwisata Pada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2019 dan 2020 dalam keadaan selamat dan sehat sejahtera.


Hadirin sekalian,


Pandemi Covid-19 di Indonesia secara nyata berdampak? pada sektor ekonomi, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi perekonomian negara. Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri kondisi perekonomian mengalami kontraksi cukup dalam di angka 6,74% dengan pencapaian di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. Kontraksi yang mendorong perlambatan perekonomian DIY ini terjadi karena adanya dampak Covid-19 yang menekan sektor pariwisata, pendidikan, dan konsumsi rumah tangga.


Pemulihan ekonomi DIY berpijak pada salah satu keunggulan DIY yaitu pariwisata. Kunjungan wisatawan domestik yang saat ini bertambah dapat menjadi pendongkrak perekonomian. Kondisi pandemi Covid-19 membuat pemulihan pariwisata DIY tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Ada perubahan preferensi wisatawan pada fase new normal dimana wisatawan lebih mengutamakan faktor higienitas baik pada akomodasi, tempat wisata, dan amenitasnya.


Namun demikian, adanya pandemi ini tidak menjadi alasan bagi kita untuk tidak melaksanaan pemerintahan yang lebih berdayaguna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab. Sekaligus sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai misi dan tujuan instansi pemerintah dan dalam rangka perwujudan good governance.


Pemeriksaan kinerja pariwisata dapat melihat sejauhmana upaya pemerintah daerah dalam memulihkan ekonomi melalui pariwisata. Hasil pemeriksaan ini nantinya dapat menjadi acuan, serta rekomendasi yang diberikan nantinya akan segera ditindaklanjuti untuk mendukung peningkatan kualitas pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Saya beserta jajaran terkait akan mendukung dan membantu seoptimal mungkin kepada jajaran Tim Pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan DIY yang akan melaksanakan Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja Pariwisata Pada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2019 dan 2020.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga ? Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi kita semua. Amin.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 11 Januari 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X