BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


PELAKSANAAN VAKSINASI? COVID-19 PERDANA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Bangsal Kepatihan,? 14 Januari 2021

------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam Sejahtera untuk Kita Semua,


Yang kami hormati :

  • Wakil Gubernur DIY beserta Ibu;
  • Anggota Forkopimda Daerah Istimewa;
  • Direktur RSUP DR. Sardjito;
  • Tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan asosiasi profesi kesehatan;
  • Para hadirin sekalian yang berbahagia.


Pada kesempatan yang baik ini, Saya mengajak kita semua untuk selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga kita masih dapat bersilaturahim dalam acara ?Pelaksanaan Vaksinasi? Covid-19 Perdana di Daerah Istimewa Yogyakarta?, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.



Hadirin sekalian yang kami hormati,


Perlu saya sampaikan, bahwa sampai saat ini, penularan Covid-19 di DIY masih cukup dinamis. Kondisi ini tentu memerlukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian yang sinergis, dan terukur. Adapun, salah satu upaya yang akan kita tempuh adalah dengan melaksanakan vaksinasi.


Perlu saya sampaikan, bahwa impelementasi program vaksinasi Covid-19, harus tetap diringi disiplin menerapkan 4 M dan melanjutkan budaya 3 T. Kepada seluruh masyarakat, saya imbau untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan meskipun telah menjalani vaksinasi. Di sisi lain, mari kita dukung tenaga kesehatan dalam melakukan upaya 3T, yaitu Tracing, Testing dan Treatment, sebagai upaya meminimalisir? penyebaran Covid-19, dan sekaligus sebagai upaya pemulihan warga masyarakat yang confirmed Covid-19.


Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para tokoh? yang telah bersedia menjadi penerima vaksinasi Covid-19? perdana. Kesadaran dan kesediaan para pemimpin pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan dari organisasi profesi,? diharapkan dapat menjadi contoh yang baik, agar program vaksinasi dapat terus berjalan dengan sasaran dan tahapan yang telah ditentukan.


Kepada Gugus Tugas Covid-19, saya minta untuk melakukan monitoring dan evaluasi pasca pelaksanaan vaksinasi, dengan menerapkan prinsip evidence-based medicine, dan pendekatan sosial kepada masyarakat sebagai subjek penerima vaksinasi. Dimulai saat ini,? lakukan sosialisasi kepada masyarakat secara sistematis, yakinkan masyarakat bahwa vaksin adalah jalan terbaik mengurangi dampak pandemi. Sampaikan pula informasi, bahwa vaksin Sinovac, yang juga akan digunakan pada vaksinasi perdana ini,? sudah dinyatakan halal dan suci oleh Majelis Ulama Indonesia.



Hadirin sekalian yang kami hormati,


Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan. Insya Allah,? atas ridho dan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan dukungan dan komitmen kita semua, kerja bersama dalam rangka vaksinasi mampu mengendalikan laju pandemi Covid-19. Semoga kita segera dapat memasuki era kehidupan new normal dengan adaptasi kebiasaan baru. Mari kita sukseskan vaksinasi Covid-19, untuk melindungi diri dan memulihkan negeri. Mari bulatkan tekad: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit!!


Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, ? 14 Januari 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X