BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUSYAWARAH DAERAH XI REAL ESTAT INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

MUSYAWARAH DAERAH XI

REAL ESTAT INDONESIA

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TAHUN 2021


Yogyakarta, 16 Januari 2021

-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang kami hormati,

  • Ketua dan Jajaran Dewan Pengurus Daerah Real Estat Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta;
  • Seluruh anggota Real Estat Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta;
  • Para Hadirin serta Tamu Undangan yang berbahagia;


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, kita semua dapat hadir pada pembukaan Musyawarah Daerah XI Real Estat Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 dalam keadaan sehat wal?afiat.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Pandemi Covid-19 di Indonesia secara nyata berdampak? pada sektor ekonomi, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi perekonomian negara. Wabah ini menimbulkan setidaknya tiga dampak terhadap perekonomian baik secara internasional, nasional dan daerah. Pertama, penurunan pertumbuhan ekonomi, kedua, peningkatan angka pengangguran, dan ketiga, peningkatan jumlah kemiskinan.


Kita menghadapi ancaman perlambatan ekonomi pada 2020 dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga minus 0,4 persen; kenaikan penduduk miskin hingga 4,8 juta; dan kenaikan pengangguran hingga 5,23 juta. Kontraksi yang mendorong perlambatan perekonomian dampak Covid-19 menekan sektor produksi, ekspor, pariwisata, pendidikan, konsumsi rumah tangga dan sebagainya.


Proyeksi pertumbuhan ekonomi yang rendah juga dikhawatirkan tentunya akan menganggu pasar properti domestik Merebaknya corona berpotensi menurunkan produktifitas pengembang dalam membangun perumahan khususnya perumahan subsidi. Banyak pengembang mengalami kendala pembangunan karena beberapa komponen merupakan barang impor. Banyak calon pembeli yang menunda pembelian properti yang direspon pengembang dengan menahan peluncuran proyek properti baru.


Pemerintah mengerahkan segala potensi untuk segera mengakhiri wabah ini. Yang terbaru adalah telah dimulainya program vaksinasi Covid-19 secara nasional dan di daerah. Pemerintah telah menerbitkan kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi dalam masa covid-19. Sebanyak Rp394,75 triliun telah dianggarkan untuk membantu sektor UMKM, insentif usaha sektoral, kementerian/lembaga (K/L) dan pemda, dan korporasi.


Selain itu, ada beberapa insentif dan stimulus ekonomi yang mendukung pemulihan sektor properti. Pertama, subsidi selisih bunga dan bantuan uang muka untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Kedua, relaksasi pajak PPh 21 dan PPh 25 untuk berbagai sektor industri, termasuk konstruksi dan real estat.


Saya berharap melalui Musyawarah Daerah kali ini, Real Estat Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dapat tetap eksis dan mengembangkan organisasinya melalui berbagai inovasi serta adapatasi yang dimungkinkan oleh regulasi saat ini sehingga mampu mengatasi banyak permasalahan terutama dalam masa pandemi Covid-19.


Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Musyawarah Daerah XI Real Estat Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021, Saya nyatakan dibuka secara resmi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.


Yogyakarta, 16 Januari 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X