BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PROSESI PEMASANGAN PATOK JALAN TOL YOGYAKARTA-BAWEN

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

PROSESI PEMASANGAN PATOK JALAN TOL YOGYAKARTA-BAWEN


Sleman, 19 Januari 2021

-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang kami hormati,

  • Bupati Sleman;
  • Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan DIY;
  • Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY;
  • Direktur Utama PT Jasamarga Jogja-Bawen;
  • PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Yogyakarta-Bawen;
  • Perwakilan OPD, Panewu, dan Lurah;
  • Perwakilan warga;
  • Segenap Hadirin serta Tamu Undangan yang berbahagia.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan berkumpul pada acara Prosesi Pemasangan Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dalam keadaan sehat wal?afiat.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan atau jalan tol dalam sebuah negara bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauhmana kemajuan perekonomian sebuah negara, baik secara makro maupun secara mikro. Selain itu, jalan tol bisa juga dijadikan sebagai bukti dan kesiapan sebuah negara dalam menyongsong sebuah peradaban yang serba mudah dan serba cepat dalam setiap melakukan aktivitas.


Proyek Tol Trans-Jawa adalah proyek multimanfaat karena transportasi angkutan barang akan semakin efisien dengan waktu tempuh yang semakin cepat. Biaya transportasi yang semakin efisien akan berdampak pada nilai tambah.


Salah satu proyek Tol Trans-Jawa yaitu pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan segera terealisasi dan saat ini sudah memasuki tahapan Pemasangan Patok. Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta berharap masyarakat mendukung pelaksanaan proyek pembangunan yang menjadi prioritas nasional ini. Kami juga menjamin proyek pembangunan tol Yogyakarta-Bawen tak akan mematikan perekonomian warga.


Saya berharap masyarakat mendapat manfaat dari pembangunan tol. Saya menginginkan proyek tol memberi dampak positif ke masyarakat dan tidak cuma untuk dilewati saja. Oleh karena itu, Pemda DIY akan berupaya mengubah situasi itu agar keberadaan tol bisa tetap menghidupkan ekonomi warga terdampak dan sekitarnya. Harapannya masyarakat dari luar DIY bisa lebih mudah datang. Kedatangan masyarakat khususnya wisatawan dapat meningkatkan devisa masyarakat, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat.


Hadirin sekalian,


Dengan adanya Pemasangan Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen tentunya proses pembangunan telah melangkah ke tahapan selanjutnya. Kami meminta warga DIY untuk selalu mendukung dan ikut berpartisipasi aktif sebagai pelaku pembangunan jalan tol karena yang penting, antara pemerintah dan rakyat saling bekerja sama dan saling dukung demi kesuksesan pembangunan.


Kepada warga yang terdampak, kami ucapkan terima kasih atas segala kerelaan dan kontribusi dalam upaya pembebasan lahan secara kekeluargaan. Kepada Pemerintah Kabupaten Sleman, Kanwil BPN DIY, dan PT Jasa Marga, sebagai fasilitator dan pelaksana, kami ucapkan terima kasih dan selamat bekerja. Lanjutkan kerja bersama ini dengan penuh kekeluargaan dan berprinsip pada nilai-nilai keadilan. Besar harapan, bahwa pembangunan jalan tol dapat melibatkan tenaga-tenaga produktif di wilayah Sleman, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.


Sleman, 19 Januari 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X