BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

BUKU BEST PRACTICES PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Sekretaris Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta


SAMBUTAN

BUKU BEST PRACTICES PEMBELAJARAN JARAK JAUH

PADA MASA PANDEMI COVID-19


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yogyakarta adalah Kota Pelajar! Yogyakarta adalah Kota Pendidikan! Itulah penilaian warga Indonesia dan dunia internasional, yang mengakui Yogyakarta sebagai barometer pendidikan di negara ini. Selain itu, Yogyakarta juga telah tumbuh menjadi salah satu pusat budaya dan pariwisata, kota cyber, kota toleransi, sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur? Jawa, di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas. Simbiosa harmoni itulah yang makin memperkuat image Yogyakarta sebagai tempat yang ideal untuk menuntut ilmu, mulai dari jenjang dasar sampai perguruan tinggi.

Selain dari aspek kualitas pendidikan secara umum, keunggulan pendidikan di Yogyakarta terletak pada kekuatan penanaman nilai-nilai budaya, keagamaan, nilai-nilai karakter, gotong royong, serta tingginya semangat kebaruan. Hal ini tentu tak lepas dari pengaruh budaya Kraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman, sejarah organisasi-organisasi besar perintis sejarah pendidikan yang ada di Yogyakarta, dan kultur sosial masyarakat yang heterogen dari Sabang sampai Merauke, sehingga pada akhirnya menciptakan stabilitas sosial politik, sebagai salah satu syarat utama terlaksananya pendidikan.

Tak dapat dipungkiri, pandemi global Covid-19, telah membawa Yogyakarta kepada tantangan pendidikan yang luar biasa. Strategi pembelajaran jarak jauh ditempuh sebagai upaya melanjutkan proses pendidikan, dengan mengutamakan asas keselamatan dan kesehatan. Tak mudah memang, karena berbagai hal seperti keterbatasan akses internet di beberapa wilayah, kesiapan masyarakat dan orang tua murid, dan juga kesiapan guru dan siswa, harus diakui menjadi sebuah tantangan nyata. Menghadapi turbulensi ini, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan berbagai terobosan kebijakan, strategi dan inovasi. Untuk pengembangan sumber daya manusia, dilaksanakan pendampingan dan fasilitasi peningkatan kompetensi khusus dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. Dari sisi infrastruktur, penambahan kapasitas akses internet dan pengembangan Portal Jogja Belajar menjadi strategi pembelajaran daring, dengan dukungan platform-plarform digital lain yang telah akrab dengan dunia pendidikan.

Harus kita sadari bersama, bahwa kunci keberhasilan pembelajaran di masa pandemi adalah pada semangat, dedikasi, serta komitmen guru dan tenaga kependidikan. Para guru dan tenaga pendidikan terus belajar dan berusaha melakukan berbagai terobosan kreatif dan inovatif. Melalui kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya, atas jerih payah, perjuangan, dan segala dedikasi dalam mengupayakan terlaksananya pembelajaran di masa pandemi. Kami juga menyampaikan terima kasih atas pendampingan yang dilakukan oleh LPMP Daerah Istimewa Yogyakarta, yang telah memberikan bekal pengetahuan kepada seluruh satuan pendidikan di Yogyakarta. Akhir kata, kami mengucapkan selamat dan terima kasih, atas penerbitan buku Best Practices "Pembelajaran di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti" ini. Buku ini akan memberikan manfaat dalam upaya pengembangan keprofesian guru, dan memberikan inspirasi sekaligus motivasi kepada insan pendidikan, untuk terus melakukan perubahan dan inovasi, dalam ikhtiar meningkatkan mutu pendidikan. Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


SEKRETARIS DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



DRS. KADARMANTA BASKARA AJI

?