BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

STUDI LAPANGAN ONLINE PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR GEL. 1 ANGKATAN V MAHKAMAH AGUNG RI

Sekretaris Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

STUDI LAPANGAN ONLINE

PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR GEL. 1 ANGKATAN V MAHKAMAH AGUNG RI


Yogyakarta, 25 Januari 2021

-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang kami hormati,

  • Jajaran Pejabat Struktural dan Fungsional Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI;
  • Para Widyaiswara;
  • Para Peserta Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator;
  • Para Hadirin serta Tamu Undangan yang berbahagia;


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir bertemu dan berdiskusi dalam rangka Studi Lapangan Online Pelatihan Kepemimpinan Administrator Gelombang 1 Angkatan V Mahkamah Agung RI dalam keadaan sehat wal?afiat.


Atas Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Saya menyampaikan ?Terima Kasih? kepada? Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI yang telah memilih Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tempat Studi Lapangan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, untuk itulah kami akan selalu berusaha membantu dengan seoptimal mungkin.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Birokrasi berperan strategis dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan. Ironisnya, masyarakat masih menilai kinerja birokrasi masih buruk, tidak profesional dan sarat praktik KKN, selain dianggap belum menjadi pelayan masyarakat melainkan sebagai pihak yang ingin dilayani.


Untuk itu, diperlukan reformasi birokrasi yang konsisten dan berkelanjutan dengan berbagai upaya, antara lain dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama pelayanan dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tingkat pelayanan yang prima dengan mendorong lahirnya metode baru yang lebih baik.


Untuk melaksanakan reformasi birokrasi tersebut, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta berdasar pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta memegang teguh dasar filosofi Hamemayu Hayuning Bawana dalam rangka melaksanakan pembangunan dalam manajemen pemerintahannya. Hamemayu Hayuning Bawana sebagai cita-cita luhur untuk menyempurnakan tata nilai kehidupan masyarakat Yogyakarta berdasarkan nilai budaya daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.


Dengan dasar filosofi tersebut, maka kondisi yang ingin dicapai yaitu ?Terlaksananya pelayanan pemerintah yang handal, efisien dan transparan dalam suasana kehidupan yang aman dan tenteram dalam kerangka otonomi daerah?. Guna mewujudkan hal tersebut, aparatur Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan dapat membangun pola pikir, sikap, dan perilaku sehari-hari dalam bekerja dan berinteraksi dengan memperhatikan dan memegang teguh ajaran moral ?sawiji, greget, sengguh, ora mingkuh? (konsentrasi, semangat, percaya diri dengan rendah hati, dan bertanggungjawab). Sifat-sifat inilah yang diharapkan dapat menjiwai seorang aparatur dalam menjalankan tugasnya.


Hal ini akan sesuai dengan pencapaian misi Hamemayu Hayuning Bawana serta mempersiapkan sumber daya manusia Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menjadi birokrat yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik serta sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya.


Demikian sekiranya sedikit gambaran yang dapat kami sampaikan sebagai pengantar dalam pertemuan ini. Berkaitan dengan materi studi lapangan yang lebih mendalam dan teknis, telah dipersiapkan data-data dan penjelasan secara lebih rinci. Untuk penjelasan lebih lanjut secara terperinci dan mendalam, Saya persilahkan untuk dapat membahasnya pada diskusi selanjutnya.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr.Wb.


Yogyakarta, 25 Januari 2021


SEKRETARIS DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




Drs. R. KADARMANTA BASKARA AJI