BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KESIAPSIAGAAN BENCANA SAHABAT TARUNA SIAGA BENCANA (TAGANA) DAN RELAWAN SOSIAL

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

A P E L

KESIAPSIAGAAN BENCANA SAHABAT

TARUNA SIAGA BENCANA (TAGANA) DAN RELAWAN SOSIAL DALAM MENGHADAPI CUACA EKSTRIM DI DIY

Yogyakarta,? 8 Januari 2020

-----------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang saya hormati, Peserta Apel dan Hadirin sekalian,

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal?afiat.

Hadirin sekalian,

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta diprediksi berpotensi dilanda fenomena cuaca ekstrim hingga sepekan ke depan. Cuaca ekstrim ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang saat ini hingga berapa hari ke depan diindikasikan mengalami fenomena skala regional hingga lokal, yaitu aktifnya Monsun Asia. Kondisi tersebut berpotensi mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Wilayah DIY.

Menyikapi fenomena tesebut, maka antisipasi dan mitigasi bencana harus dipersiapkan dengan melibatkan berbagai pihak. Hakekat dari tujuan penanggulangan bencana adalah untuk mengurangi resiko dan menekan dampak bencana terhadap masyarakat.?Oleh karena itu segala aspek maupun proses yang terkait dengan ? ? upaya-upaya penanggulangan bencana bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana.?Untuk mencapai tujuan tersebut, maka segala upaya penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.


Hadirin sekalian yang berbahagia,

Pada hari ini telah hadir Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan rekan-rekan relawan sosial DIY. Keberadaan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan relawan sosial sangat penting untuk? menjadi garda terdepan dalam memberdayakan potensi generasi muda, tentu dalam proses penanggulangan bencana.? Sebagai personal penanggulangan bencana berbasis masyarakat terlatih, TAGANA dan relawan sosial akan mampu menjadi ?front guard?? dalam mitigasi bencana? ? ? ? di DIY.


Saya menyambut baik pelaksanaan apel siaga ini. Hal ini menunjukkan kesiapan, komitmen dan kesatuan tekad antar berbagai unsur dalam penyiapan mitigasi. Mari amalkan prinsip yitna yuwana, lena kena. Barang siapa selalu siaga, dia akan terselematkan...dan barang siapa terlena, dia akan terkena akibatnya. Selalu jaga kesehatan, selalu berdoa agar senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.


Hadirin dan Saudara-saudara sekalian,


Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga Allah SWT berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amin.

Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

Yogyakarta, 8 Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X