BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERESMIAN MASJID AN-NUUR PERUMAHAN SOROSUTAN INDAH, KELURAHAN SOROSUTAN, KECAMATAN UMBULHARJO

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


PERESMIAN MASJID AN-NUUR

PERUMAHAN SOROSUTAN INDAH,

KELURAHAN SOROSUTAN, KECAMATAN UMBULHARJO


Yogyakarta,? Ahad Paing, 12 Januari 2020

-----------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.


Yang saya hormati para ulama, para kyai, dan seluruh hadirin/hadirat yang berbahagia


Nur dalam bahasa Arab diartikan dengan cahaya dan disebut dalam Alquran sebanyak 43 kali. Bahkan, surah ke-24 juga diberi nama dengan an-Nur. Begitu banyaknya Alquran membahas tentang eksistensi nur.

Makna dasar kata nur sebenarnya adalah petunjuk karena nur dalam arti cahaya itu sendiri petunjuk. Sedangkan Alquran berfungsi sebagai petunjuk bagi orang yang tersesat atau orang yang sedang mencari kebenaran. Nabi Muhammad SAW disebut juga nur karena Beliau diyakini sebagai orang yang membawa petunjuk atau menunjukkan jalan yang benar.

Dalam Alquran, kata nur paling tidak memiliki arti dalam tiga kemungkinan. Pertama, cahaya itu sendiri. Hal ini seperti terdapat dalam surah Yunus ayat 5, "Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan memiliki nur (bercahaya). Dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya". Kedua, bermakna petunjuk. Hal ini seperti yang terdapat dalam surah al-Hadid ayat 9, "Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Alquran) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada nur (cahaya)", dan Ketiga, bermakna Alquran. Hal ini seperti yang terdapat dalam surah at-Tagabun ayat 8, "Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada cahaya (Alquran) yang telah Kami turunkan".


Hadirin/hadirat yang dirahmati Allah,

Sesuai dengan namanya, bangunan baru masjid An-Nuur diharapkan menjadi sarana untuk menciptakan cahaya kehidupan bagi kaum muslimin. Tak hanya sebagai sebuah tempat, masjid ini diharapkan menjadi ekosistem religius yang menjadi pelopor mewujudkan Islam sebagai sejatinya Rahmatan-lil-alamin. Ini relevan dengan fakta, bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk, negara yang plural, negara yang beragam. Dan masjid ini menjadi simbol keislaman yang ramah, keislaman yang moderat, yang menjadi pilar keberagaman di Yogyakarta pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Saya mengucapkan selamat atas diselesaikannya rehab total Masjid An-Nuur. Semoga dapat menjadi sejatinya nur, menjadi rumah umat yang semarak dan barokah, hingga pada akhirnya meningkatkan kohesivitas sosial antara sesama muslim dan seluruh lapisan masyarakat.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 12? Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


HAMENGKU BUWONO X