BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENERIMAAN KUNJUNGAN DUTA BESAR KERAJAAN BELANDA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

PENERIMAAN KUNJUNGAN

DUTA BESAR KERAJAAN BELANDA

Yogyakarta,?20 Januari 2020

----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang terhormat:

  • Duta Besar Kerajaan Belanda untuk RI;


Dan yang saya hormati:

  • Advanced Party Team Kedutaan Kerajaan? Belanda;
  • Hadirin sekalian

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat ? ? Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahim dalam keadaan sehat wal?afiat tanpa kekurangan sesuatu apapun.


Pertama-tama, saya dan segenap warga masyarakat mengucapkan ?Selamat Datang di Yogyakarta?, kepada Bapak Lambertus Christiaan Grijnshadirin dan segenap tim.? Yogyakarta saat ini, telah tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Dikenal pula sebagai kota cyber, kota toleransi, sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, dan di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas.


Sungguh menjadi sebuah kebahagiaan bisa bertemu dengan Bapak Duta Besar, mengingat hubungan antara Kerajaan Belanda dengan Daerah Istimewa Yogyakarta telah berlangsung sejak lama dalam berbagai bidang.


Kerajaan Belanda dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menjalin kemitraan yang kuat karena terhubung dengan ikatan budaya dan histori. Saat ini, masih banyak sisa kebudayaan Belanda yang bisa dilihat di DIY. Peninggalan berupa arsitektur bangunan, bahkan bahasa dapat ditemukan dengan mudah. Meskipun sejarah hubungan Belanda dengan Indonesia--termasuk DIY--,? mengalami pasang surut, bukan berarti tidak ada sisi positif yang bisa diambil.


Hadirin sekalian,


Kami menyambut baik kunjungan ini, tentu dalam upaya mempersiapkan persiapan kunjungan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima pada bulan Maret Tahun 2020. Selain itu, pertemuan hari ini merupakan kick off untuk meningkatkan hubungan kerjasama dalam lingkup yang lebih luas. Selain itu, hari ini kita akan mendiskusikan dan saya berharap penguatan kerjasama di bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya, pariwisata dan teknologi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kerajaan Belanda maupun Daerah Istimewa Yogyakarta.


Demikian yang dapat Saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Semoga kekayaan budaya, keindahan alam dan keramahan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dapat menjadi energi positif dalam upaya mengembangkan kekerabatan dan kerjasama Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Kerajaan Belanda.


Terima kasih.


Wassalamualaikum Wr.Wb.



Yogyakarta,? 20 Januari? 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X