BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ENTRY MEETING PEMERIKSAAN INTERIM ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMDA DIY DAN PEMKAB/PEMKOT

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


SAMBUTAN


ENTRY MEETING PEMERIKSAAN INTERIM ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMDA DIY DAN PEMKAB/PEMKOT


Yogyakarta, 21 Januari 2020


Assalamu?alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang Saya hormati seluruh hadirin yang berbahagia,


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk hadir bersilaturahmi pada kesempatan ini, dalam keadaan selamat dan sehat sejahtera.


Hadirin? sekalian yang saya hormati,


Dengan diberlakukannya otonomi daerah, ? pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi ? diwajibkan ? menerbitkan laporan keuangan sebagai ? pertanggungjawaban aktivitasnya. Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan, merupakan suatu wujud pertanggungjawaban atas kinerja pemerintahan. Pengelolaan keuangan daerah sekaligus menjadi bagian? pengejawantahan amanah masyarakat kepada pemerintah, merefleksikan pola demokrasi, dan sebagai upaya kendali atas integritas pemerintah dalam upaya mempertegas prosperity development.


Saya menyambut baik Pemeriksaan Interim Atas Laporan Keuangan Pemda DIY dan Pemkab/Pemkot yang dilaksanakan BPK RI Perwakilan DIY. Pemeriksaan? interim atas? LKPD? merupakan? pemeriksaan? yang? dilakukan pada? tahun

berjalan? atau? sebelum? LKPD diserahkan? oleh? pemerintah daerah? kepada? ? BPK RI.? ? Pemeriksaan? ? ini? merupakan? ? bagian integral ? dari? pemeriksaan ? LKPD? dan? merupakan? praktik? yang? lazim? dalam pemeriksaan laporan keuangan.


Pemerintah Daerah DIY berharap agar hasil pemeriksaan interim bisa menjadi navigator, dalam meningkatkan kualitas pelaporan yang lebih baik dan berintegritas. Pemeriksaan ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap bagian-bagian yang dirasa masih kurang efektif sehingga kedepannya dapat berjalan lebih baik lagi.


Hadirin? sekalian yang saya hormati,


Kepada Pemerintah Kabupaten Kota dan segenap OPD saya minta mempersiapkan data dan informasi yang diperlukan untuk operasional pemeriksaan interim ini. Jadikan momen ini sebagai sebuah peluang diskusi, belajar satu sama lain, dalam konsepi ngangsu kawruh, nyecep ilmu kepada expert di bidang akuntasi dan auditing dari BPK RI. Semoga Pemeriksaan Interim ini dapat menjadi controlling tools, sekaligus reminder bagi Pemerintah Daerah DIY, guna mencegah major findings yang dapat mempengaruhi tata kelola? keuangan daerah secara sistematis.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Mari wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dilandasi nilai-nilai positif, dan jadikan integritas sebagai fondasi utama, karena integritas adalah kunci membangun peradaban yang berkualitas. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi kita semua. Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 21 Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X