BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

INDONESIAN CREATIVITY AND BEST LEADER AWARD 2020


Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

INDONESIAN CREATIVITY AND BEST LEADER AWARD 2020


Yogyakarta, 31 Januari 2020

-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi Kita semua,


Puji dan syukur marilah selalu Kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas ridho dan karunia-Nya hari ini Kita dapat bersama-sama hadir pada acara malam penganugerahan Indonesian Creativity And Best Leader Award 2020 dalam keadaan sehat wal?afiat.


Pertama-tama, atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Saya mengucapkan ?Selamat Datang? di Yogyakarta kepada seluruh hadirin. Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan dapat hadir dan berjumpa dengan Bapak/Ibu/Saudara sekalian.


Selanjutnya, Kami juga menyampaikan ucapan ?Terima Kasih? dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Majalah Indonesian Inspire, atas terselenggaranya acara pemberian penghargaan ini. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kami, karena Yogyakarta dipercaya menjadi venue penyelenggaraan malam penghargaan ini.


Hadirin dan Saudara-saudara sekalian,


Pembangunan merupakan rangkaian upaya yang berkesinambungan dan meliputi seluruh tata kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara guna mewujudkan tujuan masyarakat adil, makmur dan sejahtera. Hakekat Pembangunan Nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya. Artinya, pembangunan harus dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Tanah Air, dengan melibatkan sektor formal, informal dan seluruh lapisan masyarakat.


Tantangan bagi pembangunan bangsa Indonesia sejatinya bukan dikarenakan keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Kalau boleh jujur, Kita sebenarnya mempunyai ketersediaan sumber daya yang melimpah dan hampir tidak terbatas, baik yang berupa potensi kekayaan alam maupun sumber daya manusia.


Hanya saja, untuk menjadi sebuah bangsa maju dengan laju pembangunan yang pesat, sumber-sumber daya tersebut harus dikelola dan diolah agar bernilai tinggi. Dengan demikian akan mampu menciptakan kesempatan perubahan dan kesempatan pembangunan pada berbagai bidang kehidupan.


Untuk mempercepat dan memperluas pembangunan, bangsa Indonesia membutuhkan peranan pengusaha, wirausaha, pelaku UMKM, pendidik dan tokoh masyarakat berprestasi sebagai agen perubahan untuk berkiprah, baik pada sektor swasta maupun sektor publik. Frase kuncinya adalah mengejar kesempatan untuk mewujudkan perbaikan. Agen perubahan tersebut adalah motor penggerak pembangunan bangsa, karena terbukti mampu mendorong kemandirian bangsa dan kedaulatan ekonomi melalui berbagai sektor.


Hadirin sekalian,


Momentum pemberian penghargaan pada malam hari ini, hendaknya dipandang sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata para agen perubahan tersebut dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang mandiri. Karena itu, penyelenggaraan Indonesian Creativity And Best Leader Award 2020 ini harus lebih dari sekedar acara yang bersifat seremonial belaka, akan tetapi, harus benar-benar mampu me-maintenance kontribusi dan komitmen berinovasi, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan bangsa melalui karya nyata.


Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk inspirasi, yang harapannya akan mampu memotivasi semua pihak dalam meningkatkan daya saing, kredibilitas dan keunggulan kompetitif mereka pada taraf lokal, nasional maupun internasional. Selain itu, Kami memandang kegiatan ini sangat strategis dalam menunjang suksesnya program Pembangunan Nasional, serta upaya mempersiapkan diri dalam era persaingan global.


Akhir kata, Saya ucapkan ?Selamat? kepada para penerima penghargaan pada Indonesian Creativity And Best Leader Award 2020. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan dan kemudahan dalam setiap langkah dan upaya Kita. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu`alaikum Wr.Wb.


Yogyakarta, 31 Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X