BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUSYAWARAH KERJA DAERAH PMI DIY TAHUN 2019 / 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pada

MUSYAWARAH KERJA DAERAH PMI DIY

TAHUN 2019 / 2020


Yogyakarta, 11 Januari 2020


-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera bagi kita semua,


Segenap Pengurus PMI DIY, Hadirin serta Tamu Undangan yang saya hormati.


Pada kesempatan yang membahagiakan dan in syaa Allah penuh berkah ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk memanjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan dan in syaa? Allah kesehatan, untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, tugas dan pengabdian kita, kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dan hanya atas ridho-Nya pula, pada hari? ini kita masih bisa bersama-sama berkumpul menghadiri rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Daerah Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (Muskerda PMI DIY), tahun 2019 / 2020.


Kegiatan Muskerda seperti ini menjadi agenda penting organisasi, selain dalam upaya meningkatkan komunikasi antar anggota, juga sebagai forum evaluasi, pertanggungjawaban sekaligus menyusun rencana kerja? tahunan daerah sebagai acuan bagi PMI setiap tingkatan di DIY dalam menunaikan tugas.


PMI mempunyai peran strategis. Oleh karena itu Muskerda diharapkan dapat menghasilkan perencanaan kerja di tingkat daerah, menghasilkan ide, gagasan maupun kebijakan organisasi yang bisa mendorong kinerja selanjutnya.? Untuk itulah atas nama Pemerintah DIY, saya mengapresiasi dilaksanakannya Muskerda PMI DIY kali ini, guna reorientasi berbagai program kerja yang lebih aktual dengan kondisi kekinian. Mengingat konsolidasi PMI secara menyeluruh adalah hal mutlak, untuk merumuskan serta menata seluruh gerak langkah PMI dalam rangka mewujudnyatakan pengabdiannya dengan senantiasa membawa organisasi ke depan lebih maju.


Hadirin, Peserta Muskerda dan Tamu Undangan yang berbahagia,


PMI sebagai sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, dalam pelaksanaannya tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya. Sehingga sebagai organisasi sosial kemanusiaan, PMI harus mampu menyesuaikan diri dengan semangat dan tantangan kekinian.


Materi bahasan dalam Muskerda kali ini misalnya, hendaknya dapat dikembangkan dengan pemikiran-pemikiran positif sebagai pengayaan bahasan, dimana hasilnya dapat sebagai masukan-masukan? baik bagi Pemerintah Daerah maupun bagi PMI DIY sendiri. Peningkatan kapasitas sumber daya untuk penanggulangan bencana, saya harapkan menjadi salah satu prioritas rencana kerja, karena DIY merupakan daerah rawan bencana.


Yang tidak kalah penting dan perlu dicermati pula, yaitu peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan masyarakat saat tanggap darurat, PMI DIY harus cepat mengerahkan dan mendistribusikan semua potensi yang dimiliki, seperti sukarelawan, mobil ambulans, truk tangki, perahu karet water torn, dan berbagai bantuan logistik, serta layanan kesehatan.


Saya rasa itu beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Selamat dan sukses Muskerda PMI DIY tahun 2019 / 2020. Mudah-mudahan PMI DIY semakin bermanfaat bagi masyarakat, dan tetap eksis menunjukkan perannya dalam memberikan bantuan pada masyarakat.


Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr.Wb.


Yogyakarta, 11 Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA






HAMENGKU BUWONO X