BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA STUDY KOMPARATIF KOMISI II DPRD PROVINSI JAWA BARAT

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta



Sambutan Penerimaan

KUNJUNGAN KERJA STUDY KOMPARATIF

KOMISI II DPRD PROVINSI JAWA BARAT


Yogyakarta,? 29 Januari 2020


----------------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum? Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang kami hormati, Pimpinan Rombongan Kunjungan Kerja Studiy Komparatif Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat;


Bapak/Ibu, tamu undangan serta hadirin yang berbahagia.


Pada kesempatan yang membahagiakan dan In Syaa Allah penuh berkah ini, kami mengajak hadirin dan saudara sekalian untuk sekali lagi memanjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena sampai dengan hari ini, kita semua masih dikaruniai nikmat sehat, nikmat kesempatan, dan nikmat kesejahteraan, untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dan hanya atas ridho-Nya pula, kita bisa bersama-sama berkumpul di tempat ini untuk menghadiri acara Kunjungan Kerja Study Komparatif Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.


Selamat datang kepada rombongan Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat di Yogyakarta, kota yang tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Kota cyber sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas. Keduanya berjalan beriringan, sehingga Bapak Ibu dan Saudara-saudara sekalian seperti sedang menelusuri sebuah lorong waktu di sini.


Tentunya merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi Pemerintah DIY yang dipilih sebagai tempat Kunjungan Kerja Study Komparatif, terkait dengan pengelolaan Pariwisataan dan Kehutanan. Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan suasana kota Yogyakarta yang unik, dapat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan sekaligus meninggalkan kesan yang baik.


Bapak Ibu dan saudara sekalian,


Pengembangan kegiatan wisata di DIY termuat didalam Visi Pembangunan DIY pada Tahun 2025 yang kemudian dijabarkn didalam misi bahwa perlunya mewujudkan kepariwisataan yang kreatif dan inovatif. Misi tersebut menjadi gambaran arah pembangunan jangka panjang DIY. Sektor wisata menjadi andalan DIY, mengingat banyak sekali potensi wisata, seperti wisata pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata spiritual, wisata pendidikan, wisata Merapi, wisata Hutan dan lain sebagainya. Lebih dari itu, wisata menjadi salah satu karateristik unik DIY, dengan Visi Pembangunan Pariwisata DIY 2012 ? 2025,? yaitu ?Terwujudnya Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagai Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya Terkemuka Berkelas Dunia, Berdaya saing, Berkelanjutan, dan Mensejahterakan Masyarakat?.

Untuk mendukung visi tersebut, Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, kita melakukan upaya kegiatan yang berbasis pariwisata untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di DIY, dengan mengutamakan keunikan dan kekhasan yang ada.


Peningkatan SDM pariwisata juga dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan standar. Pengelolaan potensi wisata saling bersinergi dan pemasaran dapat berkesinambungan. Artinya, pariwisata di DIY disiapkan berkembang serempak dan bisa mendatangkan keuntungan dan bermanfaat untuk masyarakat DIY. Sehingga pengelolaan secara berkesinambungan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik, hal itu mengingat pariwisata tidak akan lekang oleh waktu dan tidak akan luntur oleh zaman.


Sementara dibidang pengelolaan Kehutanan, DIY memiliki komitmen terhadap sistem pengelolaan sumberdaya hutan untuk dikelola dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama. Selain itu adanya sinergitas multi sektor menjadi kunci dalam mengungkit pertumbuhan ekonomi wilayah. Sehingga tidak mengherankan jika pada tahun 2019 kemarin, Pemerintah DIY meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pengelolaan hutan terbaik se-Indonesia dan telah berhasil menjadi benchmark dalam oprasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) lain di Indonesia. Bahkan Pemerintah DIY juga mampu melakukan pembayaran PNB tertinggi di Indonesia.


Bapak Ibu dan saudara sekalian yang saya hormati,


Untuk mengurai permasalahan kehutanan, KPH adalah jawabannya. Pembangunan KPH ini, baik konservasi, lindung dan produksi yang dimandatkan dalam UU 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, mempunyai peran penting dan strategis dalam mengatasi permasalahan kehutanan. Hal tersebut akan mendorong pengelolaan hutan berkelanjutan sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.


KPH di DIY memiliki corak dan kultur kerja yang khas, dan tetap mengikuti regulasi yang ada serta metodologi yang telah ditetapkan. Artinya KPH kita konsisten dan berkesinambungan dalam menerapkan regulasi tanpa meninggalkan kearifan lokal, sehingga degradasi hutan tidak terjadi.??Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan oleh KPH di DIY kiranya sangat baik untuk direplikasi ditempat lain tentunya dengan memperhatikan kearifan lokal daerah setempat.


Keseriusan KPH di DIY ini telah membuahkan hasil, yakni 'Menggapai Mimpi Sahabat Rimba: Kolaborasi Pemerintah dengan Masyarakat dalam Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam di Hutan Pinus Mangunan', yang berhasil masuk dalam Top 99 Sinovik 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB.


Sehubungan dengan Kunjungan Kerja Study Komparatif Bapak Ibu sekalian, di tempat ini bersama kami telah hadir teman-teman perwakilan dari OPD terkait yang akan memberikan bantuan informasi, bahan data, sekaligus menjelaskan lebih lanjut terkait maksud dan tujuan Study Komparatif dalam rangka pengayaan materi. Kami bersama teman-teman akan berusaha dapat membantu seoptimal mungkin, sehingga informasi serta bahan data yang diperlukan, dibutuhkan, maupun yang menjadi pertanyaan pada sesi dialog nanti, Bapak Ibu dan Saudara-saudara sekalian dari Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat dapat memperolehnya secara menyeluruh dan memuaskan.


Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dalam pertemuan ini semua hal yang menjadi pertanyaan di sesi tanya-jawab nanti, Bapak Ibu dapat memperoleh jawaban yang lengkap dan memuaskan. Selamat berdiskusi dan selamat menikmati kota Yogyakarta yang eksotis.


Sekian, terima kasih,


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 29 Januari? 2020


GUBERNUR




HAMENGKU BUWONO X