BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FORUM KONSULTASI PUBLIK PENYUSUNAN RKPD DIY 2021


Sekretaris

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

FORUM KONSULTASI PUBLIK

PENYUSUNAN RKPD DIY 2021


Yogyakarta,? 06 Februari 2020

---------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Hadirin dan Saudara sekalian yang saya hormati,

Pada kesempatan yang membahagiakan dan in syaa Allah penuh berkah ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk sekali lagi memanjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan, kesehatan, untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, tugas dan pengabdian kita, kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dan pada kesempatan ini kita bisa bersama-sama berkumpul untuk menghadiri rangkaian kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (RKPD DIY) 2021.


Hadirin sekalian,


Kegagalan dalam perencanaan sama halnya dengan merencanakan kegagalan. Salah satu permasalahan dalam perencanaan khususnya perencanaan pembangunan daerah adalah in-konsistensi dokumen perencanaan. Maka dengan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini, Penyusunan RKPD DIY diharapkan bisa mengacu pada poin-poin penting yang telah ditetapkan dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017 - 2022. Artinya, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah DIY maupun Pemerintah Kabupaten Kota seyogyanya memperhatikan poin-poin dalam RPJMD, serta melakukan analisis yang sangat? cermat dan tajam. Tujuannya tentu agar kegiatan selanjutnya bisa lebih terarah dan fokus.


Sebagai salah satu tahapan yang sangat penting, kiranya Forum Konsultasi Publik harus bisa menggali aspirasi,? semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat mencurahkan semua ide dan pemikiran, sekaligus memberikan saran dan pendapat untuk menyusun program kerja yang strategis, yang nantinya akan menentukan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.


Oleh karena itu, saya sangat mendukung diadakannya kegiatan ini serta menyarankan agar penyusunan RKPD 2021 perlu perencanaan yang dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan partisipatif dan akuntabel. Selain itu penyusunan RKPD 2021 hendaknya juga tetap memperhatikan daerah lain yang berbatasan, memperhatikan sinkronsisasi, disusun berdasarkan data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD); serta substansi perencanaan dan implementasi pembangunan yang mampu menjawab masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.


Lebih jauh lagi, mewaspadai perubahan teknologi/disrupsi teknologi pada situasi ekonomi lima tahun ke depan, adalah mutlak. Mengingat perkembangan teknologi informasi akan berakibat pada perubahan pola konsumsi dan ketenagakerjaan, serta respon kemajuan teknologi informasi seperti Smart City. Maka program-program sosial diharapkan tidak menimbulkan tingginya angka ketergantungan, dan efektivitas penganggaran menjadi pertimbangan dengan money follow program; organisasi mengikuti program prioritas atau apa yang ingin kita capai.


Hadirin dan Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,


Mari kita jaga sinergitas dan integrasi dokumen perencanaan dan penganggaran. Mari kita samakan persepsi, untuk meyeleksi program dan kegiatan perangkat daerah agar benar-benar bisa mengakomodir kepentingan masyarakat, karena setiap pembangunan di wilayah harus ada interaksi dengan masyarakat, sehingga program yang sudah di rencanakan akan sesuai dengan perencanaan yang baik dan benar, pembangunan juga dapat tepat sasaran, demi terwujudnya peningkatan kemuliaan martabat manusia Daerah Istimewa Yogyakarta.


Saya rasa itu beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Akhir kata, disertai rasa syukur dan terlebih dahulu memohon rido-Nya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Kamis Pahing, 06 Februari 2020, Forum Konsultasi Publik Penyusunan RKPD DIY Tahun 2021, secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai.


Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 06 Februari? 2020


SEKRETARIS

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,




Drs.R. KADARMANTA BASKORO AJI