BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMBUKAAN RAPAT KERJA NASIONAL INDONESIAN CHEF ASSOCIATION 2020

Wakil Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pembukaan

PEMBUKAAN RAPAT KERJA NASIONAL

INDONESIAN CHEF ASSOCIATION 2020

?MAKANAN TRADISIONAL JATI DIRI BANGSA?


Yogyakarta, 07 Februari 2020

---------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum, Wr.Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua,


Segenap Hadirin, tamu undangan, dan peserta Rapat Kerja Nasional Indonesian Chef Association yang saya hormati.


Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmatnya, sehingga kita semua masih bisa berkumpul di tempat ini tanpa adanya halangan sedikitpun dan dalam keadaan sehat walafiat, untuk mengikuti rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional Indonesian Chef Association (Rakernas ICA) 2020.


Hadirin yang saya hormati,


Seperti kita ketahui bersama, bangsa yang kehilangan identitas cenderung larut dalam perkembangan globalisasi yang pengaruhnya terlihat dari gaya berpakaian, gaya berperilaku, termasuk di dalamnya gaya dalam memilih menu makanan. Warisan resep masakan tradisional masa lampau, kurang mendapat perhatian di masyarakat, khususnya kalangan generasi muda.


Menurunnya minat masyarakat terhadap makanan tradisional menunjukkan mulai terjadi degradasi bangsa, mulai hilang rasa kebanggaan memiliki resep makanan sendiri yang diwarisi sebagai kearifan lokal. Hilangnya resep masakan nusantara sekaligus menghilangkan identitas bangsa, kaitannya dengan masakan khas sebagai produk budaya.


Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Rakernas ICA dalam rangka Penyusunan Program Kerja Nasional untuk senantiasa dapat mendukung program Pembangunan Kepariwisataan Nasional khususnya wisata kuliner.


Kiranya Rakernas kali ini yang mengusung tema? ?Makanan Tradisional Jati Diri Bangsa? adalah sangat tepat. Tepat karena globalisasi membawa pengaruh besar cukup signifikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya pada perubahan selera masyarakat akan cita rasa makanan. Globalisasi bahkan ditengarai bisa membentuk pola pikir dan perilaku yang berbeda dengan masyarakat pada jaman dulu.


Fenomena itu terjadi karena pandangan terhadap "warisan tradisional" sebagai suatu kebudayaan yang ketinggalan jaman. Padahal jika dicermati kandungan dan keunggulannya secara mendalam, peninggalan masa lampau memberikan informasi kepada generasi berikutnya terkait dengan kebudayaan masa lampau.


Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang membanggakan ini. Selamat dan sukses kegiatan Rakernas. Mudah-mudahan Rakernas menghasilkan program strategis yang disepakati bersama dan tetap mengedepankan makanan Indonesia menuju dunia. Jadikanlah Rakernas sebagai momentum menentukan? arah program organisasi ICA ke depan untuk melakukan promosi, pemasaran produk dan jasa terkait dengan aktifitas para pelaku makanan dan minuman, agar ICA semakin maju di masa-masa yang akan datang.


Akhir kata, disertai? rasa? syukur? dan? terlebih dahulu memohon ridho-Nya, atas nama kita semua, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Jum?at Pon, tanggal 07 Februari, Rapat Kerja Nasional Indonesian Chef Association 2020, secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai.


Sekian. Terimakasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 07? Februari? 2020


WAKIL GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




PAKU? ALAM? X