BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENOBATAN DAN MALAM INAGURASI PEMILIHAN DUTA MUSEUM 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pada

PENOBATAN DAN MALAM INAGURASI

PEMILIHAN DUTA MUSEUM 2020


Yogyakarta,? 09 Februari 2020

---------------------------------------------------------------


Assalamu?alaikum? Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Segenap Hadirin dan Tamu Undangan yang saya hormati,


Marilah kita senantiasa mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih dipertemukan dalam keadaan sehat dan sejahtera, untuk mengikuti Penobatan dan Malam Inagurasi Pemilihan Duta Museum 2020.



Mengawali sambutan ini, saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang terpilih sebagai Duta Museum Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Semoga amanah dan mamu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.


Hadirin sekalian,


Kejayaan, kebesaran dan peradaban yang tinggi peninggalan sejarah yang tidak ternilai dari para pendahulu kita, dapat kita saksikan melalui bukti-bukti arkeologis dan historis, serta dapat kita saksikan dan kita pelajari dalam sebuah museum.


Di Daerah Istimewa Yogyakarta, jumlah museum ada sekitar 45 museum. Jumlah itu dimungkinkan masih akan terus bertambah. Banyaknya museum di DIY tersebut menunjukkan bahwa masyarakat DIY mempunyai peradaban yang cukup tinggi. Oleh karena itu, untuk mendekatkan keberadaan museum kepada masyarakat agar dimanfaatkan sebagai tempat belajar dan tempat rekreasi maupun sumber inspirasi, kita dari pemerintah sangat memerlukan Duta Museum untuk membantu mengedukasi masyarakat agar akrab dengan museum.



Keberadaan Duta Museum sangat kita butuhkan,? bersama dengan pemerintah mempromosikan keberadaan museum sekaligus mengajak masyarakat agar mau berkunjung ke museum. Tidak hanya itu, Duta museum juga mempunyai tugas membantu meningkatkan pengelolaan museum menjadi lebih bermutu, baik dari segi marketing maupun manejemennya.


Dalam konteks itu, maka para Duta Museum, hendaknya memiliki karakter kuat dan kepribadian tangguh, seperti ketulusan, kerendahan hati, kesetiaan, tanggung jawab, percaya diri, kebesaran jiwa dan empati. Mengingat segala aspek karakter dan kepribadian sangat dibutuhkan oleh seorang duta untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas guna pengembangan museum-museum di DIY.


Karena apa, karena pihak museum sendiri juga dituntut untuk sanggup menjalankan peran lebih dari sekedar tempat penyimpanan benda-benda peninggalan bersejarah. Sehingga museum juga harus sanggup berperan sebagai tempat pembelajaran yang tidak saja menampilkan kejayaan dan kebesaran dari peradaban nenek moyang kita, akan tetapi juga bagaimana nenek moyang kita dapat hidup harmonis dengan alam sekelilingnya tanpa mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Saudara saudara dan hadirin yang berbahagia,


Mengingat pentingnya arti dan peran museum sebagai tempat pembelajaran bagi masyarakat, saya menilai kegiatan Penobatan dan Malam Inagurasi Pemilihan Duta Museum 2020, merupakan salah satu usaha penting dan strategis guna mendorong museum-museum agar terus berbenah diri, sehingga layak diapresiasi dan dinikmati, bukan saja oleh masyarakat DIY tetapi juga oleh puluhan ribu wisatawan yang setiap tahunnya melancong ke daerah yang istimewa ini.


Angka kunjungan ke museum hendaknya diupayakan selalu naik dari tahun ke tahun. Ini menjadi pekerjaan rumah pihak museum sendiri dibantu oleh para? duta museum. Para duta museum harus bekerja keras untuk dapat mempromosikan museum-museum yang ada di DIY agar menarik minat masyarakat untuk berkunjung.


Konteks hari ini, maka para Duta Museum harus memiliki program tahunan sejak mulai dinobatkan dan bertugas, untuk mempromosikan museum yang ada di DIY, bekerjasama? dalam satu kelompok, mengkomunikasikan kebutuhan museum dengan dinas terkait dan juga dengan masyarakat, serta bertanggung jawab untuk membuat program-program yang inovatif dan menarik untuk masyarakat.


Oleh karena itu, program kegiatan yang dilaksanakan oleh para Duta Museum hendaknya juga dipersiapkan secara matang. Mengingat di era globalisasi sekarang ini perubahan berkelanjutan dalam berbagai dimensi kehidupan merupakan suatu keniscayaan. Melalui program-program kegiatan yang dilakukan oleh Duta Museum, maka museum menjadi sangat terbantu terutama kaitannya dengan gerakan nasional cinta museum.


Duta Museum bahkan dituntut aktif, kreatif, inovatif, dan komunikatif. Hal itu sangat penting dalam rangka mengkomunikasikan koleksi-koleksi museum kepada masyarakat. Artinya, Duta Museum sangat berperan dalam mensukseskan gerakan nasional cinta museum khususnya kepada generasi muda, sehingga juga harus mampu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya museum sebagai sumber ilmu pengetahuan, sumber inspirasi, tempat rekreasi, dan tak kalah penting adalah sebagai tempat pendidikan karakter bangsa.


Dengan adanya Duta Museum yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan DIY, diharapkan museum-museum di DIY akan memiliki manajemen yang professional, sehingga kedepannya akan menjadi world class museum. Melalui museum kita dapat memperoleh sesuatu pembelajaran yang utuh yang memungkinkan kita untuk secara arif dan bijaksana mengambil pelajaran yang terbaik dari peradaban masa lalu dan menjadikannya sebagai bekal yang berharga dalam menapaki kehidupan di masa kini dan masa depan.


Hadirin dan Saudara sekalian yang saya hormati,


Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang membanggakan ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah terpilih sebaga Duta Museum DIY 2020. Selamat bertugas. Saudara-saudara adalah sosok yang benar-benar cinta dan peduli terhadap museum.


Sosok yang bisa mempertegas bahwa museum merupakan tempat yang sagat bernilai dalam perjalanan hidup sebuah bangsa. Tempat disimpan dan dipeliharanya berbagai karya luhur nenek moyang kita yang mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman budaya kita, sehingga dengan menyaksikan karya-karya luhur yang beraneka ragam tersebut, diharapkan dapat semakin mempertebal penghayatan dan kecintaan kita terhadap keanekaragaman budaya bangsa, yang selanjutnya akan memperkokoh kepribadian, jati diri dan watak bangsa kita. Mengingat dengan semakin kokohnya watak bangsa, berarti budaya telah ikut berkontribusi dalam membangun keunggulan dan daya saing bangsa. Sanggup menjadikan bangsa ini lebih menghargai perbedaan budaya, dan menjadikan kita lebih toleran sekaligus lebih sanggup dalam membina kehidupan yang harmonis diantara kita sendiri maupun dengan bangsa-bangsa lain.


Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 09 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X