BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN RI


Sekretaris Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA KEMENTERIAN KOORDINATOR

BIDANG POLITIK, HUKUM? DAN KEAMANAN REPUBLIK INDONESIA


Yogyakarta,? 12 Februari 2020

---------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang kami hormati, Pimpinan Rombongan Kunjungan Kerja beserta jajaran dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia;


Bapak, Ibu, tamu undangan dan hadirin yang berbahagia.


Marilah kita senantiasa mengucapkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan toufiq, hidayah, rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih dipertemukan dalam keadaan sehat dan sejahtera.


Mengawali sambutan ini, pertama-tama kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Ibu sekalian dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI) di Yogyakarta, kota yang tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan memilih Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai lokasi kunjungan kerja kali ini.


Hadirin yang kami hormati,


Penerapan good governance meliputi sistem administrasi negara membantu penyelenggaraan tata pemerintahan layanan publik di DIY dan Kabupaten Kota. Maka upaya mewujudkan good governance juga merupakan upaya melakukan penyempurnaan pada sistem administrasi publik yang berlaku secara menyeluruh di DIY secara terpadu.


Penegasan tentang perlunya pembentukan kebijakan publik yang berorientasi pemenuhan hak-hak dasar warga serta mengedepankan nilai-nilai budaya dan kearifan bangsa serta kekayaan sumberdaya lokal DIY, sebagai acuan untuk memperkuat harkat dan martabat manusia dan ke-Indonesia-an dalam setiap penyelenggaraan pelayanan publik. Menjadikan suatu amanat bahwa masyarakat berhak dan harus dilibatkan atau diikutsertakan dalam pembentukan kebijakan maupun penyelenggaraan program pelayanan publik dengan kejelasan perangkat operasional yang standar sahih dan dinyatakan dalam Peraturan Daerah.


Selanjutnya salah satu yang menjadi fokus dalam reformasi pelayanan publik di DIY adalah tantangan peningkatan kualitas pelayanan, mengingat karakteristik warga masyarakat di semua Kabupaten Kota kini semakin kritis dan maju dalam usaha meminta pemenuhan hak-haknya.


Daya kritis tersebut dipicu oleh kuantitas warga yang berpendidikan semakin banyak. Sementara itu life style status ekonomi warga yang belum terpenuhi mendorong terciptanya kebutuhan-kebutuhan pelayanan publik baru yang perlu kami selenggarakan, sehingga tuntutan publik atas pelayanan menjadi kian kompleks. Oleh karena itu dibutuhkan upaya antisipasi sedini mungkin untuk memuaskan publik selaku penggunanya.


Yang jelas kami di Pemerintah DIY tidak mengabaikan terhadap standar pelayanan publik. Mengingat pengabaian akan standar pelayanan publik tersebut akan mendorong terjadinya potensi perilaku mal-administrasi dan perilaku koruptif yang tidak hanya dilakukan oleh SDM aparatur pemerintahan secara individu, tetapi juga bisa secara sistematis kelembagaan.


Kemudian terkait dengan maksud dan tujuan kunjungan kerja Bapak Ibu sekalian hari ini, yaitu dalam rangka melaksanakan kegiatan pemantauan, inventarisasi data dan permasalahan pelayanan publik di daerah, telah hadir di tempat ini bersama kita perwakilan dari unsur OPD terkait yang akan menjelaskan lebih lanjut. Kami yakin ada banyak hal menarik yang tentunya akan menambah wawasan kita semua.


Bapak ibu sekalian dapat berdiskusi, berbagi pengalaman dan menambah wawasan. Untuk itulah kami akan selalu berusaha dapat membantu seoptimal mungkin agar kunjungan kerja ini dapat berjalan lancar. Mudah-mudahan semua hal yang menjadi pertanyaan pada sesi tanya-jawab nanti, Bapak Ibu sekalian dapat memperoleh jawaban yang lengkap dan memuaskan.


Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 12 Februari 2020


SEKRETARIS

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,





Drs.R. KADARMANTA BASKARA AJI