BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS PERKUMPULAN PERENCANA PEMBANGUNAN INDONESIA


Sekretaris Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pada

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN

PENGURUS PERKUMPULAN

PERENCANA PEMBANGUNAN INDONESIA KOMISARIAT WILAYAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERIODE 2019 - 2022


Yogyakarta,? 13 Februari 2020


----------------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum? Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Segenap Hadirin dan Tamu Undangan yang saya hormati.


Pada kesempatan yang membahagiakan dan in syaa Allah penuh berkah ini, kami mengajak saudara-saudara dan hadirin sekalian untuk sekali lagi memanjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena sampai dengan hari ini kita semua masih dikaruniai nikmat sehat, nikmat kesempatan, dan nikmat kesejahteraan, sehingga bisa bersama-sama berkumpul di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, untuk menghadiri dan menyaksikan pelantikan berikut pengukuhan Pengurus Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia Komisariat Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (P3I Komwil DIY) periode 2019 ? 2022.


Mengawali sambutan ini, terlebih dahulu kami ucapkan selamat kepada para pengurus P3I Komwil DIY yang yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. Semoga kepengurusan P3I Komwil DIY periode 2019 - 2022 bisa bekerja dengan baik dan membawa manfaat bagi pengembangan profesi perencana di daerah istimewa yang kita cintai ini. Selanjutnya, keberadaan P3I ini diharapkan dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah dalam proses pembangunan, khususnya dalam aspek perencanaan pembangunan.


Hadirin sekalian,


Kita ketahui bersama, dunia berubah dengan cepat, berbagai aspek kehidupan bergerak dengan sangat dinamis. Era disruptif teknologi atau yang sering disebut revolusi industri 4.0 seperti saat ini, pada akhirnya juga berdampak pada Pemerintah Daerah. Perubahan terjadi di lingkungan strategis baik di tingkat global, nasional hingga regional.


Dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution, Klaus Schwab sudah mengingatkan akan terjadinya perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. Hal itu telah menuntut Pemerintah Daerah untuk lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan program dan kegiatan untuk menjawab tantangan jaman. Pemerintah Daerah juga harus beradaptasi dengan fenomena bergesernya kekuatan dari aktor-aktor pemerintah ke non pemerintah, dari institusi mapan ke jejaring-jejaring yang terbuka. Di sinilah saudara-saudara sekalian sebagai figur perencana mestinya mampu mengambil peran. Dalam arti, aktif terlibat dalam proses perencanaan pembangunan untuk menjawab permasalahan dan peluang yang dihadapi daerah, serta mengingat publik saat ini yang semakin terdidik dan memiliki ekspektasi tinggi atas layanan publik.


Kmi optimis saudara-saudara sekalian bisa melakukannya, karena kami melihat sebagian besar dari para pengurus yang dilantik dan dikukuhkan masih berusia relatif muda, sehingga dapat dengan mudah mengenali perubahan-perubahan jaman serta implikasinya bagi masyarakat, baik pada masa sekarang maupun pada masa mendatang.

Hadirin sekalian yang berbahagia,


Dunia berkembang secara eksponensial. Publik melalui aneka sarana media saat ini memiliki kebebasan dalam membentuk bahkan membangun opini tentang apapun. Siklus berita 24 jam? memberikan tekanan pada pengambil kebijakan untuk segera bertindak atau berkomentar. Kemudian yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah, sejauh mana Pemerintah khususnya Institusi Perencana adaptif terhadap situasi saat ini ??


Jika kita berbicara terkait perubahan, setidaknya ada tiga hal yang harus masuk dalam perhitungan para perencana dalam menyusun program pembangunan di daerah, yaitu pertama, ketersediaan dan akses layanan teknologi informasi. Kedua, perubahan cara transaksi dalam kegiatan ekonomi, dan ketiga, perubahan pasar tenaga kerja.


Yang ketiga ini kiranya perlu mendapatkan perhatian lebih, karena beberapa jenis-jenis pekerjaan akan hilang, lantas muncul jenis pekerjaan baru atau perubahan konsep atas pekerjaan yang lama. Inilah yang mungkin tantangan paling berat dalam era revolusi industri 4.0. Gagal dalam merencanakan di bidang Sumber Daya Manusia, pendidikan dan ketenagakerjaan, berarti kita sedang akan menyiapkan pengangguran di masa mendatang.

Oleh karena itu, kami menilai pelantikan dan pengukuhan pengurus P3I Komwil DIY, sebenarnya dilaksanakan pada momentum yang tepat. Pada waktu-waktu seperti ini, Pemerintah baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten Kota, tengah dalam proses penyusunan RKP atau RKPD tahun 2021. Pada tahun ini pula beberapa kabupaten di DIY juga akan melaksanakan Pilkada yang selanjutnya tentu dilakukan penyusunan dokumen RPJMD.


Kami mendorong para perencana baik secara pribadi maupun dalam asosiasi untuk terlibat aktif dalam proses-proses perencanaan tersebut, sekaligus bekerja lintas sektor, lintas disiplin ilmu, dalam menanggapi isu-isu yang berkembang.

Sementara dalam konteks? pembangunan DIY, beberapa pertanyaan yang kami tawarkan untuk dapat dianalisis dan dicarikan jawaban oleh para perencana antara lain :

  1. Penurunan Kemiskinan dan Ketimpangan Antar Kelompok Pendapatan.

  2. Penurunan Ketimpangan Wilayah

  3. Kerjasama dan Kemitraan Pembangunan secara khusus untuk mengejar kesenjangan antara kemampuan fiskal daerah dengan kebutuhan pendanaan pembangunan.

Tiga pertanyaan besar tersebut kami rasa akan memiliki keterkaitan banyak aspek dan lintas disiplin ilmu. Oleh karena itu, tantangan bagi para perencana melalui perkumpulan ini adalah bagaimana mendorong kerja multi disiplin ilmu dalam menyusun dokumen perencana. Tidak mudah memang, tetapi perlu dicoba untuk dilakukan. Harapan kami, kepengurusan P3I Komwil DIY ini dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah terkait dengan permasalahan-permasalahan tersebut.

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Pada kesempatan yang berbahagia ini juga hadir rekan-rekan dari Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) lainnya. Mudah-mudahan acara pada hari ini juga dapat memberikan inspirasi bagi Saudara-saudara sekalian. JFT saat ini memiliki peran penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Kami berharap JFT juga dapat semakin mengaktualisasikan keahlian dan ketrampilannya dalam bidang tugas masing-masing. Kami selalu terbuka untuk berdiskusi terkait dengan pengembangan profesi, karir dan kompetensi pejabat JFT.

Kami rasa itu yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para pengurus yang dilantik dan dikukuhkan. Selamat berkarya,? semoga dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan lebih baik.


Sekian dan terima kasih.

Wassalammu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 13 Februari? 2020


SEKRETARIS DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA





Drs. R. KADARMANTA BASKARA AJI