BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ACARA SERAH TERIMA JABATAN KEPALA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PERWAKILAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

PADA ACARA SERAH TERIMA JABATAN

KEPALA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PERWAKILAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Yogyakarta, 14 Februari 2020


--------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum? Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Bapak Ibu dari Jajaran Badan Pemeriksa Keuangan, dan hadirin sekalian yang? kami hormati,


Sebagai insan yang beriman, marilah kita panjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada pagi hari ini kita dapat hadir disini pada acara serah terima jabatan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Alhamdulillah acara serah terima jabatan yang sudah kita saksikan tadi, dapat terlaksana dengan lancar. Atas nama pribadi saya mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya dan terimakasih atas segala pengabdian saudara Andri Yogama selama ini. Kendati pengabdian saudara hanya berlangsung singkat, tetapi tetap saja sangat berarti dan telah memberikan kontribusi yang cukup dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik di DIY. Semoga Allah SWT meridloi dan menerima seluruh amal baik saudara, Aamiin.


Kepada pejabat baru, Ibu Ambar Wahyuni kami mengharapkan, juga mampu memberikan kontribusi nyata dalam mengawal gerak langkah pembangunan di DIY, tentunya melalui mekanisme pemeriksaan yang dilaksanakan berdasarkan standar pemeriksaan keuangan negara, untuk meminimalkan berbagai hal yang menjadi potensi penyalahgunaan keuangan daerah.


Jangan sampai pemeriksaan keuangan mengalami kemunduran dari pejabat periode sebelumnya, tetapi sebaliknya akan semakin sempurna kebaikannya. Bahkan lebih dari itu, partisipasi yang lebih intensif dari BPK Perwakilan DIY sangat diharapkan untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan good governance.


Untuk itu, BPK Perwakilan DIY perlu memperhatikan dua hal. Yang pertama, harus bersikap antisipatif dan proaktif, cepat tanggap atas gejala penyimpangan prosedur. Upaya ini kami anggap penting karena penyimpangan besar bisa jadi berawal dari sikap permisif kita terhadap penyimpangan kecil. Yang kedua, hendaknya bekerja secara konsisten, berkelanjutan dan tidak sporadis. Penegakkan aturan jangan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sesaat yang akan menimbulkan kesan tidak seriusnya pengawasan. Artinya, mampu berkontribusi nyata dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik. Hal itu semata-mata dalam kerangka mewujudkan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara/daerah yang transparan dan akuntabel di Pemerintah Daerah se-DIY.


Bapak Ibu dan Hadirin sekalian yang kami hormati,


Demikian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Selamat bertugas, selamat bekerja kepada pejabat baru BPK Perwakilan DIY. Kepada pejabat lama, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama berada di DIY. Teruslah bersemangat dan tingkatkan kinerja saudara di unit kerja yang baru nanti.


Sekian, terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 14 Februari? 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,





HAMENGKU BUWONO X