BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA BADAN ANGGARAN DPRD PROVINSI JAWA TIMUR

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Penerimaan

KUNJUNGAN KERJA BADAN ANGGARAN

DPRD PROVINSI JAWA TIMUR

Yogyakarta,? 14 Februari 2020


----------------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum? Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang kami hormati, Pimpinan Rombongan Kunjungan Kerja Badan Anggaran? DPRD Provinsi Jawa Timur;


Bapak Ibu, tamu undangan serta hadirin yang berbahagia.


Pada kesempatan yang membahagiakan dan in syaa Allah penuh berkah ini, kami mengajak hadirin dan saudara sekalian untuk sekali lagi memanjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena sampai dengan hari ini kita semua masih dikaruniai nikmat sehat, nikmat kesempatan, dan nikmat kesejahteraan, untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dan hanya atas ridho-Nya pula, kita bisa bersama-sama berkumpul di tempat ini untuk menghadiri acara kunjungan kerja Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Timur ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.


Hadirin sekalian,


Mengawali sambutan ini pertama-tama atas nama Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Timur di Yogyakarta, kota yang tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Kota cyber sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, di satu sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas. Keduanya berjalan beriringan, sehingga Bapak Ibu sekalian seperti sedang menelusuri sebuah lorong waktu jika berada di sini.


Tentunya merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah DIY yang dipilih sebagai tempat kunjungan kerja ini. Kami ucapkan terima kasih, mudah-mudahan suasana kota Yogyakarta yang unik, dapat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan sekaligus meninggalkan kesan yang baik bagi Bapak Ibu sekalian. Lebih dari itu, kehadiran Bapak Ibu sekalian dapat semakin merekatkan dan menguatkan jalinan silaturahim antara Pemerintah DIY dengan Pemprov Jawa Timur.


Hadirin sekalian,


Pemerintah DIY masih mengutamakan Pariwisata dalam menarik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Kita mengimplementasikan wisata konvensional yang telah memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh karena itu, gema wisata di Yogyakarta terus menerus kita upayakan.


Pengembangan kegiatan wisata di DIY termuat didalam Visi Pembangunan DIY pada Tahun 2025 yang kemudian dijabarkn didalam misi bahwa perlunya mewujudkan kepariwisataan yang kreatif dan inovatif. Misi tersebut menjadi gambaran arah pembangunan jangka panjang DIY.


Sektor wisata menjadi andalan DIY, mengingat banyak sekali potensi wisata, seperti wisata pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata spiritual, wisata pendidikan, wisata Merapi, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, wisata menjadi salah satu karateristik unik DIY. Dengan Visi Pembangunan Pariwisata DIY 2012 ? 2025,? yaitu ?Terwujudnya Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagai Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya Terkemuka Berkelas Dunia, Berdaya saing, Berkelanjutan, dan Mensejahterakan Masyarakat?.

Oleh karena itu, untuk mendukung visi tersebut, Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, kita melakukan upaya kegiatan yang berbasis pariwisata untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di DIY, dengan mengutamakan keunikan dan kekhasan yang ada.


Peningkatan SDM pariwisata juga kita persiapkan untuk memenuhi kebutuhan standar. Pengelolaan potensi wisata saling bersinergi dan pemasaran dapat berkesinambungan. Artinya, pariwisata DIY disiapkan berkembang serempak dan bisa mendatangkan keuntungan dan bermanfaat untuk masyarakat DIY. Sehingga pengelolaan secara berkesinambungan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik, hal itu mengingat pariwisata tidak akan lekang oleh waktu dan tidak akan luntur oleh zaman.


Sehubungan dengan maksud dan tujuan kunjungan kerja Bapak Ibu sekalian dari Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Timur, di tempat ini bersama kita telah hadir pimpinan dan jajaran beberapa perwakilan dari OPD terkait, yang akan memberikan bantuan informasi, bahan data sekaligus menjelaskan lebih lanjut.


Teman-teman kami akan berusaha dapat membantu seoptimal mungkin, sehingga informasi serta bahan data yang diperlukan, dibutuhkan, maupun yang menjadi pertanyaan di sesi dialog nanti, jajaran Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Timur dapat memperolehnya secara menyeluruh dan memuaskan.


Kami rasa itu yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Selamat berdiskusi. Kami yakin ada banyak hal menarik yang tentunya akan menambah wawasan kita semua.

Sekian, terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 14 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,





HAMENGKU BUWONO X